somberena parlementa

Hadiri JJC, Iqbal Presentasi Visi Run dan Misi Triple C Pemkot Makassar

Jumat, 09 Agustus 2019 19:21 WITA Reporter : Haider
Hadiri JJC, Iqbal Presentasi Visi Run dan Misi Triple C Pemkot Makassar

MAKASSARMETRO – Pj. Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menghadiri seminar Waste to Energy yang diadakan Jakarta Japan Club (JJC) di Wisma KEIAI 16th fl, JIn. Jendral Sudirman Kav 3, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Di hadapan JJC, Iqbal Suhaeb mempresentasikan visi run dan misi triple C Pemerintah Kota Makassar khususnya dalam penanganan sampah dan pengelolaannya.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishi mengatakan JJC di dalamnya terdapat berbagai perwakilan perusahaan besar dan pengembang manufaktur yang ada di Indonesia untuk membantu pembangunan yang ada di daerah – daerah.

“Di sini juga ada perusahaan dari Makassar yang terlibat dalam berbagai pembangunan jalan tol, dan budi daya ikan tuna serta berbagai pembangunan sarana manufakture lainnya,” kata Masafumi.

Iqbal Suhaeb menjelaskan Makassar punya potensi yang sangat besar di bidang pariwisata serta berbagai potensi lainnya. Namun permasalahan yang sangat krusial yang perlu ditangani di Kota Makassar saat ini persoalan persampahan.

Untuk itu, Iqbal mengharapkan para investor dari Jepang yang tergabung dalam JJC dapat mendukung dan membantu persoalan persampahan di Kota Makassar.

“Persoalan persampahan ini terus – menerus meningkat dari tahun ke tahun. Olehnya itu, kami membutuhkan teknologi yang dapat membantu mengatasi persoalan sampah ini khusunya dikelola sebagai pupuk atau kerajinan yang bermanfaat,” jelasnya.

Iqbal menyebut potensi pemanfaatan sampah bagi investor sangatlah besar karena dapat dikelola dengan baik menjadi pupuk kompos dan barang-barang kerajinan yang bernilai ekonomis.

Menurutnya, pemerintah kota telah mengurangi produksi sampah semaksimal mungkin dengan cara mengaktifkan bank sampah dengan memilah sampah untuk dijadikan berbagai hasil kerajinan dan berbagai produk pemanfaatan yang berguna.

“Pemkot juga telah melibatkan PLN untuk bekerja sama dalam pemanfaatan teknologi listrik berbasis sampah. Semoga hal ini menjadi progress dalam hal pemanfaatan sampah,” lanjutnya.

Menurut Iqbal Suhaeb, TPA bisa berfungsi sebagai taman bermain dan arena olahraga apabila pengurangan sampah di daerah ini bisa terselesaikan dengan menggunakan teknologi modern.

Sebelumnya Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah juga tampil presentasi dengan menggukanan abahasa Jepang menjelaskan potensi sumber daya alam yang ada di Sulsel.

Topik berita Terkait:
  1. Jakara Japan Club
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca