somberena parlementa

Rusmayani Madjid: Sekarang Jamannya Komunitas Kreatif Berkolaborasi

Sabtu, 24 Agustus 2019 19:18 WITA Reporter : Makassarmetro
Rusmayani Madjid: Sekarang Jamannya Komunitas Kreatif Berkolaborasi

MAKASSARMETRO – Komunitas kreatif, berikut dengan pelaku industri kreatif di Kota Makassar terus bertumbuh. Dinas Pariwisata Kota Makassar menyebut ada 365 komunitas yang telah tergabung dalam Makassar Creative City Network (MCCN).

Kepala Dispar Makassar, Rusmayani Madjid berharap komunitas di Makassar mampu menjadikan MCCN sebagai wadah untuk berjejaring dan berkolaborasi.

“Ada banyak sekali komunitas kreatif kita di Makassar, sudah ada lebih 300 (komunitas) yang ada di MCCN. Kami ingin mereka mampu berkolaborasi menciptakan kreasi yang inovatif, sekarang itu jamannya kolaborasi,” kata Rusmayani Madjid.

Dari 16 subsektor ekonomi kreatif, subsektor kuliner, fashion dan film diakui tumbuh secara signifikan. Namun subsektor lain meski tetap tumbuh tapi tidak sebesar ketiga subsektor tersebut.

“Makanya kami mau mereka buka forum diskusi untuk mencari tahu apa yang memperlambat sehingga subsektor yang lain bisa dibilang tidak berkembang,” ucap Rusmayani Madjid.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa antar subsektor jika berkolaborasi mampu saling memberi dampak terhadap perkembangan secara kolektif.

“Misalnya, ada produk kuliner yang bagus. Tentu butuh desain brand yang unik dan menjual, atau ingin promo yang bagus, yah berkolaborasilah dengan komunitas desain visual atau videografi,” ujarnya.

Ekonomi kreatif, kata Rusmayani Madjid punya kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Tidak terkecuali kontribusi ke pendapatan asli daerah. Hal ini bisa dilihat dari suburnya MICE di Makassar.

“Ekonomi kreatif itu kekuatan ekonomi baru di Indonesia. Ini yang kita jaga dan kembangkan, sambil memberi ruang bagi anak muda kreatif kita untuk mengembangkan minat dan ketertarikannya, atau hobinya,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca