somberena parlementa

Begini Cara Lurah Gunung Implementasi Program Pemkot Makassar

Senin, 26 Agustus 2019 23:40 WITA Reporter : Ikbal
Begini Cara Lurah Gunung Implementasi Program Pemkot Makassar

MAKASSARMETRO – Lurah Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Andi Erwin mengatakan tengah fokus pada program Bank sampah dan Badan Usaha Lorong atau bercocok tanam di lorong.

“Lokasinya sudah ada. Dimana lahan tersebut sudah ditanami berbagai macam, yakni cabai, tomat dan kangkung. Di samping itu, kita menjual tanaman okra. Berupa pohonnya ke pembeli,” paparnya, Senin (26/8/2019).

Sementara kata Erwin, bila mana respon warga sangat mendukung dengan adanya prihal tersebut. Alasannya, bernilai ekonomis kelompok tani lorong dalam pengadaan sayuran bisa terbantu.

“Karena masyarakat langsung datang di kebun. Bahkan sebelumnya, kita membuat kemasan cabai dan langsung dipasarkan dengan harga lima ribu rupiah,” bebernya.

Cara tanamnya menggunakan sistem modern menutup pada plastik. Sebab jika tak dilakukan, tanaman biasanya gampang terserang hama.

“Saat ini hama tidak ada, karena pertumbuhan sangat bagus. Kita juga menggunakan air sumur. Jika air PDAM, saya yakin tidak subur,” ungkap Erwin.

Pemilahan Bank Sampah, lanjut dia, sangat produktif di wilayah Kelurahan Gunung Sari. Karena berbagai macam sudah diterapkan oleh RT-RW. Hasil pemilihan sampah berupa plastik diolah menjadi produk bunga hias, lampion, dan jam didinding hias.

“Hasil dari kerajinan dibeli di sekolah-sekolah. Sedangkan Bank Sampah telah ada pengelolaan di setiap RW. Alhamdulillah mereka mendukung program pemerintah Kota Makassar,” tuturnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca