somberena parlementa

Penjelasan Spikolog Soal Pasangan yang Pernah Selingkuh Susah Berubah

Senin, 09 September 2019 14:49 WITA Reporter : Makassarmetro
Penjelasan Spikolog Soal Pasangan yang Pernah Selingkuh Susah Berubah Man with kisses on a collar and his angry wife

MAKASSARMETRO – Diselingkuhi pasangan memang membuat rasa sakit hati. Sebagian memilih untuk tidak memafkan pasangannya yang selinguh, namun ada juga tetap memberinya maaf dan melanjutkan hubungannya.

Alasannya, mungkin percaya pasangan akan bisa berubah.

Memafkan pasangan yang sudah selingkuh belum tentu tidak menimbulkan rasa khawatir ppasangan akan melakukan hal yang sama di kemudian hari.

Jawabannya tergantung, itu semua kembali lagi pada pribadi masing-masing.

Sebagaimana diberitakan Suara.com, ada penjelasan psikologis dan berbagai faktor yang memengaruhi perubahan diri orang yang suka selingkuh.

Selingkuh bila dilihat dari sudut pandang psikologis merupakan suatu perilaku rumit yang didasari oleh alasan yang berlapis-lapis.

Ketahuan oleh pasangan saja tak akan membuatnya kapok. Yang ada ia justru semakin mahir menutupi tindak-tanduknya.

Untuk itu, Anda perlu memahami lebih jauh apa yang ada dalam pikiran pasangan yang selingkuh.

Untuk berubah, Anda harus tahu memberikan ruang kepada pasangan agar mencari tahu permasalahan dalam dirinya, bukan pada diri Anda.

Selingkuh adalah pilihan, tak ada yang bisa Anda lakukan apalagi sekitar Anda untuk mengendalikan perilaku orang yang selingkuh.

Maka, selama dirinya belum benar-benar memahami alasannya selingkuh, perubahan rasanya hampir mustahil.

Pakar psikologi klinis dan konseling Jay Kent-Ferraro, Ph.D. dilansir Hellosehat.com, yang seharusnya menjadi fokus bukanlah apakah pasangan yang selingkuh bisa berubah. Melainkan apa saja faktor yang membuat Anda mengkhianati pasangan dan mengapa caranya adalah dengan selingkuh? Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda baru saja menapakkan langkah pertama menuju perubahan.

Sebagai gambarannya, Anda tahu bahwa Anda merasa minder terhadap pasangan. Dengan mengetahui alasan tersebut, Anda pun bisa mengatasi rasa minder.

Misalnya lewat komunikasi yang lebih jujur dengan pasangan atau mengembangkan diri agar Anda jadi lebih percaya diri. Dengan begitu, hasrat selingkuh pun redam.

Menjalin suatu hubungan memang cukup rumit. Dibutuhkan kepekaan dan memahami diri yang cukup dalam.

Topik berita Terkait:
  1. Psikolog
Berikan Komentar
Komentar Pembaca