somberena parlementa

Pilwalkot Makassar Potensi Empat 4 Poros

Minggu, 15 September 2019 16:00 WITA Reporter : Makassarmetro
Pilwalkot Makassar Potensi Empat 4 Poros

MAKASSAR. Figur-figur di Pilkada Makassar 2020 sudah bisa terpetakan. Kemungkinan besar, ada 4 poros yang bertarung.

Manager Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam, memprediksi bahwa setelah hasil pendaftaran bakal calon wali kota Makassar di PDIP yang ditutup pada malam tadi, Sabtu (14/9/2019). Tercatat, ada 16 figur yang mengembalikan formulir.

Dari 16 pendaftar yang mengembalikan formulir, ada 4 ‘wajah lama pernah bertarung di Pilkada Makassar. Masing-masing M Ramdhan Pomanto (Danny), Syamsu Rizal (Deng Ical), Irman Yasin Limpo (None) dan Munafri Arifuddin (Appi).

Lanjut “Berdasarkan kekuatan figur, ada 4 poros bisa lahir di Pilkada Makassar 2020. Dari kubu Danny, Deng Ical, Appi, Irman Yasin Limpo, Aliyah Mustika Ilham,” papar Manager Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam, pada Minggu (15/9/2019). Dikutip Rakyatku.com.

4 poros ini bisa tercipta di Pilkada Makassar, lanjut Sandy, jika tak ada aksi borong partai. Syarat parpol mengusung pasangan calon minimal 10 kursi dari total 50 kursi di DPRD Makassar.

“Jumlah pasangan calon maksimal akan diikuti 4 pasang saja. Hasil itu juga bisa terjadi jika dukungan parpol sebarannya proporsional dan cukup merata ke masing-masing paslon,” urai Sandy.

Ia pun memprediksi, Pilkada Makassar kemungkinan tanpa paslon dari jalur perseorangan bila merujuk hasil pendaftaran di PDIP Makassar.

“Bisa kita simpulkan sementara bahwa hampir semua figur tak ada yang mempersiapkan langkah alternatif menempuh jalur independen. Hal ini juga memberi pengaruh akan kuantitas paslon yang akan maju bertarung,” katanya.

Topik berita Terkait:
  1. Danny Pomanto
  2. Pilwalkot Makassar 2020
Berikan Komentar
Komentar Pembaca