somberena parlementa

Berdayakan Ekonomi Warga, KBT Jadi Perhatian Serius Pemkot Makassar

Senin, 07 Oktober 2019 15:19 WITA Reporter : Arus
Berdayakan Ekonomi Warga, KBT Jadi Perhatian Serius Pemkot Makassar

MAKASSARMETRO – Tingginya pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar menjadi tantangan bagi Pemerintah Kota. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi yang mencapai angka 8 persen di atas pertumbuhan ekonomi nasional tidak dibarengi dengan menurunnya tingkat pengangguran.

Olehnya, Pemerintah Kota Makassar menggagas berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Salah satunya Klinik Bisnis Terpadu (KBT).

KBT yang telah menyentuh hingga tingkat kecamatan terus mendapat perhatian pemerintah seperti halnya di Kecamatan Mamajang dan Rappocini.

Kasi Ekbang Kecamatan Mamajang, Besse Nuryanti mengatakan, program KBT di Kecamatan Mamajang selama ini berjalan lancar. Para peserta mendapat pendampingan yang intensif.

“Para pengusaha UKM di Kecamatan Mamajang yang ada di lorong-lorong terus kita bina,” katanya saat ditemui dalam kegiatan Workshop Fasilitasi Pengembangan Klinik Bisnis Tahun Anggaran 2019 di Hotel Aston Makassar, Senin (7/10/2019).

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, lanjut Anti, yakni usaha kerajinan enceng gondok, pembuatan markisa, daur ulang koran, daur ulang plastik, kerajinan bunga, produksi kue tradisional, kacang-kacangan, telur asin rempah, gula-gula rumput laut, produksi souvenir, pembuatan gamis dan hijab, pengolahan kopi, dan pembibitan cabe.

“Kami juga selama ini telah bersama Dinas Koperasi dan UKM dan Pokja Badan Usaha Lorong dalam menggenjot semangat dan skill para warga yang ingin berwirausaha,” tutupnya.

Sementara, Kasi Ekbang Kecamatan Rappocini, Ulfah mengatakan, kegiatan KBT di Rappocini sejauh ini berjalan lancar dan tidak menemui kendala yang berarti. Kata Ulfah, pemerintah mendukung penuh KBT dalam memberdayakan ekonomi warga.

“KBT di Kecamatan Rappocini manfaatnya sudah dirasakan warga. Sejauh ini kita sudah gelar dua kali kegiatan,” jelas Ulfah.

Topik berita Terkait:
  1. Ekonomi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca