somberena parlementa

Warga Apresiasi Program “Sehari Bersama Wali Kota”

Jumat, 25 Oktober 2019 17:27 WITA Reporter : Haider
Warga Apresiasi Program “Sehari Bersama Wali Kota”

MAKASSARMETRO – Warga Mamajang mengapresiasi program Sehari Bersama Wali Kota yang berlangsung di kantor kecamatan Mamajang, Jumat (25/10/2019).

Hasnia (51) warga Jln. Andi Djemma yang datang bersama anaknya Putera Sampurna (17) mengaku tidak menyangka akan bertemu langsung orang nomor satu Makassar. Bahkan dilayani langsung oleh Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb.

“Alhamdulillah. Tadi pak wali menjelaskan kepada kami mengenai Suket dan blanko KTP-elektronik. Respon beliau sangat baik dan cepat. Program ini sangat membantu kami warga Makassar berinteraksi langsung dengan wali kota,” ucap Hasnia sumringah.

Hasnia dan anaknya mengunjungi kantor Kecamatan Mamajang untuk mengurus penerbitan KTP-elektronik.

Putera Sampurna baru saja berumur 17 tahun, dan ini adalah pengalaman pertama baginya bersentuhan dengan pelayanan administrasi kependudukan di kantor pemerintah.

“Pak wali sangat ramah layani warga, bahkan sempat memuji kalau nama saya bagus. Gambaran berurusan dengan pemerintah yang butuh waktu lama, susah, dipimpong-pimpong, tidak saya temukan di sini,” puji Putera Sampurna sambil senyum.

Didampingi Camat Mamajang Fadli Wellang, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ariyati Puspasari Abady, Penjabat Wali Kota Iqbal Suhaeb menjelaskan ke Putera Sampurna dan Hasnia jika saat ini, distribusi blanko KTP-elektronik sangat terbatas jumlahnya. Sehingga diprioritaskan untuk kebutuhan yang mendesak seperti pengurusan dokumen yang harus melampirkan KTP-elekteonik. Contohnya, pengurusan BPJS, pengurusan dokumen perjalanan ke luar negeri, berobat, dan sekolah kedinasan.

“Sementara, ananda gunakan Suket (Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas) dulu sambil menunggu blanko KTP-elektronik. Fungsinya sama, ada mencantumkan NIK, foto, dan informasi identitas diri lainnya. Bisa digunakan di setiap kantor pelayanan publik,” terang Iqbal dibarengi senyum.

Diakui Iqbal, terbatasnya jumlah blanko KTP-elektronik dialamai oleh seluruh daerah di Indonesia. Hal itu telah dilaporkannya semalam saat bertemu Mendagri Tito Carnavian.

“Kami sudah laporkan kepada Mendagri. Kita menunggu distribusi KTP-elektronik tahun depan. Semoga dapat menutupi kebutuhan warga Makassar,” lanjutnya.

Tidak lebih dari lima menit, Hasnia dan Putera Sampurna telah mengantongi Suket dari Penjabat Wali Kota Iqbal Suhaeb.

Keduanya mengaku puas dengan pelayanan yang diterima hari itu, sambil berharap blanko KTP-elektronik dapat segera didistribusikan pemerintah pusat.

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca