somberena parlementa

Ini Bocoran Soal Rekrutmen CPNS 2019

Selasa, 29 Oktober 2019 12:51 WITA Reporter : Makassarmetro
Ini Bocoran Soal Rekrutmen CPNS 2019

MAKASSARMETRO – Pemerintah kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Pendaftaran dilakukan pada laman SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id) dibuka mulai 11 November 2019.

Sejumlah formasi untuk kementerian dan lembaga (K/L) serta pemerintah daerah pun sudah diumumkan.

Pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda.

Pelamar juga diharuskan melengkapi persyaratan administrasi.

Mereka yang lolos seleksi administrasi selanjutnya mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Dilansir dari Detikcom, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan menyatakan 80 persen tes SKD CPNS 2019 tidak akan jauh berbeda seperti di tahun sebelumnya.

Dalam SKD terdapat Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kata Ridwan, akan ada soal tentang pencegahan radikalisme pada tes tahun ini. Soal ini tidak muncul dalam tes tahun lalu.

“Mungkin nanti soal radikalisme masuk di sana, tahun lalu kan belum ada. Karena ini perlu, karena kan beberapa teman kami PNS ada yang terpapar radikalisme, mungkin itu bisa masuk,” kata Ridwan dikutip Detikcom.

Ridwan mengingatkan kepada para pendaftar untuk betul-betul mempersiapkan diri menghadapi soal TKP. Menurutnya, itu yang sempat bikin pusing para peserta seleksi CPNS di 2018.

TKP sendiri menguji kepekaan sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, hingga jejaring kerja si calon PNS. Menurut Ridwan, tes ini isi soalnya banyak yang menjebak, bahkan tidak ada kata salah di tiap soal.

Topik berita Terkait:
  1. CPNS 2019
  2. Info CPNS 2019
Berikan Komentar
Komentar Pembaca