somberena parlementa

Sering Ditolak HRD? Simak Tips Agar Cepat Diterima Kerja

Jumat, 01 November 2019 15:28 WITA Reporter : Makassarmetro
Sering Ditolak HRD? Simak Tips Agar Cepat Diterima Kerja

MAKASSARMETRO – Lulus kuliah adalah masa dimana seseorang mencari pekerjaan. Yah, tentunya setiap orang mempunyai mimpi bisa kerja di perusahaan ternama.

Namun, tak bisa juga dipungkiri seseorang akan berhadapan yang namanya ditolak kerja.

Ada berbagai faktor Anda bisa ditolak baik akademik maupun nonakademik. Kurangnya pengalaman kerja juga menjadi salah satu seseorang ditolak ketika melamar kerja.

Agar kejadian serupa tidak lagi terulang, simak tips berikut agar cepat diterima kerja. Tips dirangkum dari Cermati.com.

Gabung di Organisasi Relawan

Hidup adalah tentang bagaimana peran kita terhadap orang lain. Salah satu cara untuk hal tersebut adalah dengan menjadi relawan.

Ada banyak sekali organisasi relawan, dari yang berskala nasional maupun internasional. 

Menjadi relawan akan menjadi poin yang menjadi pertimbangan bagi perekrut kerja.

Relawan biasanya tak hanya memberikan pengalaman mengenai kepedulian, namun juga mengajarkan bagaimana untuk lebih peka terhadap lingkungan serta cara bersosialisasi dan bekerja sama dalam tim. Hal tersebut tentunya akan sangat dibutuhkan saat terjun di dunia kerja.

Gali Potensi Diri

Biasanya, kelebihan yang ada dalam diri dapat digali dari hobi, bakat ataupun minat. Mulai dari menulis, menggambar, melukis, ataupun berolahraga.

Menemukan potensi diri memang tidaklah mudah. Perlu waktu yang tak sebentar untuk  hal tersebut.

Namun, ketika seseorang telah mengetahui potensi yang ada dalam dirinya, ia akan merasa ada kepuasan tersendiri. 

Saatinterviewpekerjaan, tak jarang akan dilayangkan pertanyaan yang berkaitan dengan potensi diri.

Karenanya, sangat penting untuk menggali potensi diri sedari dini. Sehingga saat orang lain bertanya mengenai bakat apa yang dimiliki, tak perlu ragu untuk menjawab atau menunjukkan secara langsung. 

Ikut Program MagangĀ 

Banyak perusahaan yang selalu membuka program magang atau internship. Tak ada salahnya untuk mengikuti program tersebut. Dengan mengikuti program magang, akan memiliki pengalaman bekerja di suatu bidang. 

Mengikuti program magang lebih dari satu kali juga tak ada salahnya. Semakin banyak pengalaman, semakin bervariasi dan menarik pula CV nantinya.

Selain itu, tak jarang dari program magang, akan direkrut menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut.

Membuat Portofolio Online

Saat ini, media sosial memegang peran yang sangat penting. Semua hal dapat diakses dengan mudah di media sosial. Karena itulah, penting untuk membangun citra diri di media sosial dan ini sangat perlu dipertimbangkan. 

Ketika mendapati pelamar kerja, tak jarang pihak perusahaan akan melakukan penelusuran di media sosial. Jika media sosial kamu hanya berisi keluhan atau tulisan yang bersifat tidak sopan, tentunya pihak perusahaan akan berpikir ulang untuk merekrutmu. 

Lain halnya jika media sosialmu berisi tulisan yang berkualitas, membangun dan berpengaruh, pihak perusahaan tak akan segan untuk menerimamu menjadi karyawan.

Oleh karena itu, jangan takut untuk membuat tulisan yang berkualitas di media sosialmu, selain berguna sebagi portofolio, juga berguna sebagai personal brandingdiri sendiri. 

Topik berita Terkait:
  1. Jobs
  2. Karier
  3. Tips
Berikan Komentar
Komentar Pembaca