somberena parlementa

Viral, Mendikbud Nadiem Makarim Dapat Pesan dari Guru SD

Sabtu, 02 November 2019 15:53 WITA Reporter : Makassarmetro
Viral, Mendikbud Nadiem Makarim Dapat Pesan dari Guru SD

MAKASARMETRO – Persiden Joko Widodo menunjuk Founder Gojek Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kbudayaan (Mendikbud) dan Pendidikan Tinggi pada Kebinet Indonesia Maju.

Dikenal sebagai pendidi startup yang terbilang suksek, para akademisi menunggu gebrakan apa yang akan dilakukan bagi mantan CEO Gojek ini.

Seorang guru Sd di Pulau Kalimantan bernama Zainal Abidin menyampaikan 6 pesan kepada Mandikbud Nadiem Makarim. Pesan yang disampaikan pun viral di media sosial.

Dilansir dari Okezone.com, pesan guru tersebut disematkan pada akun Instagram Starlaeducation.

Berikut pesan Zainal Abidin untuk Nadiem Makarim:

Selamat pagi pak Nadiem , perkenalkan saya Zainal Abidin , seorang guru SD yang tinggal di satu pulau paling besar di Indonesia yaitu Kalimantan.

Beberapa hari ini nama bapak sedang hangat di bicarakan , bukan karena bapak jadi menteri di usia yang lebih muda dari saya , tapi karena bapak menjadi “Menteri Pendidikan” sebuah kementrian yang secara turun temurun di pimpin oleh orang tua bertitel panjang , dan hal ini tentu tidak lazim.

Terlepas dari semua itu perkenankan saya menyampaikan pesan berupa pendapat dan usulan lewat media sosial ini , sebagai bentuk perhatian saya kepada bapak dan kementrian yang bapak pimpin.

  1. Untuk persoalan data SDM dan Kependidikan tolong dibangun sistem yang integral pak , antara Dapodik , Guru Pembelajar , Akreditasi Online , PMP , SNP dll . Istilahnya satu data untuk semua . One For All. Supaya operator sekolah tidak sakit jiwa berkepanjangan pak.
  2. Khusus untuk Guru Honor di buatkan regulasi yang menjamin masa depan mereka , misalnya yang honor 15 s.d. 20 Tahun di angkat PNS Murni , yang 5 s.d. 15 Tahun diangkat jadi Tenaga Kontrak Non PNS tanpa perlu seleksi dan aturan yang memberatkan .
  3. Untuk Kurikulum di sederhanakan aja pak , jujur masih ribet , utamanya di penilaian , kasih bintang saja pak macam di gojek itu.
  4. Saya setuju Bahasa Inggris di masukkan kembali di SD syaratnya Pendidikan Budi Pekerti juga di masukan untuk menguatkan pendidikan agama dan karakter.
  5. Perangkat administrasi guru di sederhanakan aja pak , masa RPP sampai 15 halaman , coba dikalikan jumlah guru se Indonesia , berapa juta eksemplar kertas di habiskan hanya untuk RPP padahal kertas itu bahan bakunya dari pohon , belum untuk silabus , prota , promes , kkm dll . Itupun RPP nya kadang kadang tidak sempat di baca.
  6. Untuk PPDB Zonasi di hapus aja pa , ganti PPDB sistem GPS siapa yang jarak rumahnya terdekat dengan sekolah di terima 80 % , sementara yang jauh namun berprestasi di terima sebanyak 20 %.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Berita Lainnya

Indeks Berita