somberena parlementa

Kebiasaan Ini Bikin Gigi Kuning

Minggu, 03 November 2019 15:48 WITA Reporter : Makassarmetro
Kebiasaan Ini Bikin Gigi Kuning

MAKASSARMETRO – Memiliki gigi yang indah tentu menjadi dambaan setiap orang. Tak dimungkiri, lebarnya senyuman biasanya ditentukan keindahan gigi seseorang.

Tak jarang, orang tidak segan-segan mengelurkan biaya untuk memperindah gigi. Tapi sebelum ke tahap itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar gigi tidak berubah warna menjadi kuing.

Dilansir dari CNN Indonesia, ada tiga hal yang dapat mengubah gigi berwarna kuning.

Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku dilakukan ketika sedang grogi. Praktisi kesehatan gigi yang berbasis di London, Deepak Aulak mengatakan kebiasaan ini bisa menyebabkan gigi saling bergesek dan mengikis permukaan enamel.

Enamel sendiri adalah lapisan pelindung gigi yang mencegah gigi dari kerusakan serta mencegah gigi berubah warna.

“Karena enamel gigi tidak bisa tumbuh lagi secara alami, kami ingin mempertahankan sebanyak mungkin fungsi dan estetika gigi,” kata Aulak mengutip dari Woman and Home.

Selain menggigit kuku, enamel gigi juga bisa terkikis jika seseorang tak sengaja menggertakkan gigi di malam hari.

Konsumsi makanan berwarna

Mengonsumsi makanan berwarna juga bisa menyebabkan gigi kuning.

Untuk mengurangi pembentukan plak dan menjaga warna alami gigi, minum air putih di sela makan. Bersihkan gigi secara efektif terlebih di malam hari.

Merokok

Perokok memiliki warna gigi agak kuning. Zat kimia pada rokok seperti tar dan nikotin bisa mengubah warna alami gigi. Warna kekuningan bisa bertahan di gigi terutama bagian depan.

Kebiasaan merokok juga menghambat perbaikan jaringan gusi sehingga menyebabkan terkikisnya tulang dan mengganggu akar gigi.

Kata Aulak “Lebih signifikan lagi, merokok berhubungan dengan peningkatan risiko kanker paru, mulut dan tenggorokan”.

Jika tidak ingin gigi berubah kuning dan merusak rasa percaya diri Anda, hindari hal-hal yang dapat mengubah warna gigi Anda.

Topik berita Terkait:
  1. Kesehatan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Berita Lainnya

Indeks Berita