somberena parlementa

Konsentrasi Dapat Meningkat dengan Langkah Ini

Senin, 04 November 2019 08:39 WITA Reporter : Makassarmetro
Konsentrasi Dapat Meningkat dengan Langkah Ini

MAKASSARMETRO – Konsentrasi yang baik akan sejalan dengan produktivitas kerja yang baik pula. Karenanya, diperlukan kemampuan untuk mempertahankan konsentrasi.

Ada 5 langkah yang Anda dapat lakukan untuk meningkatkan konsentrasi. cara tersebut sebagaimana dilansir dari Medival News Today.

Green time

Paparan ruang hijau tidak hanya memberi kesegaran saat menghirup udara. Berdasarkan penelitian, paparan lingkungan yang hijau, termasuk ruangan yang hijau, bermanfaat bagi perkembangan otak anak-anak.

Penelitian dilakukan pada anak-anak berusia 4-5 tahun. Dengan lebih banyak ruang hijau di sekitar mereka mendapat nilai lebih baik dalam tes perhatian.

Melirik tanaman hijau serta memperkaya kantor dengan tumbuhan juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di perguruan tinggi dan tempat kerja.

Percobaan dilakukan dengan memberi dalam kurun waktu 40 detik. Ada yang mengerjakan tugas dengan melihat gedung berbeton dan padang rumput yang berbunga.

Hasilnya, orang-orang yang melirik padang rumput membuat kesalahan jauh lebih sedikit dan menujukkan tingkat konsentrasi yang unggul pada tugas mereka.

Istirahat

Istirahat yang dimaksud adalah istirahat dari gangguan yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi. Mislanya gadget dan sosial media.

Notifikasi yang muncul di gadget Anda dapat cukup menganggu konsentrasi Anda dalam pekerjaan. Bahkan, menurut penelitian, gangguan yang disebabkan oleh notifikasi tersebut sama tidak menyenangkannya dengan menggunakan gadget Anda untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan.

Oleh karena notifikasi yang muncul dalam durasi yang pendek, mereka cenderung memicu pikiran atau tugas yang tidak relevan dan dapat merusak kinerja.

Terkait sosial media, sekitar 2,8 miliar orang di seluruh dunia menggunakan media sosial dan banyak dari mereka menggunakannya untuk tujuan pribadi saat bekerja.

Hal inilah yang dapat menyebabkan konsekuensi negatif kepada kinerja dan konsentrasi Anda. Karena itu diperlukan perlawanan untuk keinginan membuka media sosial karena berkonsentrasi membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Latihan otak

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa peserta yang berlatih dual n-back menunjukkan peningkatan 30 persen dalam memori kerja mereka.

Dual n-back sendiri adalah tes urutan memori dimana individu harus mengingat urutan rangsangan pendengaran dan visual yang diperbarui terus menerus.

Para peneliti juga menemukan bahwa bermain video game dapat mengubah daerah otak Anda yang bertanggung jawab untuk ketrampilan dan perhatian visuospasial – kemampuan untuk menempatkan sebuah benda, obyek atau gambar dalam sebuah tempat atau ruangan dan membuatnya bekerja lebih efisien.

Gaya hidup

Aktivitas fisik, pola makan maupun berat badan adalah semua faktor yang berperan penting dalam kinerja konsentrasi Anda. Untuk makanan, Anda dapat menambahkan beberapa kacang kenari, alpukat maupun cokelat ke daftar makanan Anda.

Selain itu yoga dapat Anda lakukan untuk meningkatkan energi dan fungsi otak Anda karena berlatih yoga hatha dan meditasi selama 25 menit per hari dapat mendorong daerah di otak untuk memungkinkan fokus Anda lebih mudah.

Para peneliti juga mengatakan bahwa faktor-faktor seperti tekanan darah tinggi, sleep apnea serta diabetes tipe 2 yang sering diakibatkan oleh obesitas dapat mengganggu kerja otak.

Karena itu disarankan untuk memiliki berat badan yang ideal untuk mendapatkan konsentrasi yang baik.

Topik berita Terkait:
  1. Konsentrasi
  2. Produktivitas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca