somberena parlementa

Pertama Kalinya, Dispar Makassar Promosi Wisata di World Travel Market London

Rabu, 06 November 2019 17:07 WITA Reporter : Makassarmetro
Pertama Kalinya, Dispar Makassar Promosi Wisata di World Travel Market  London

MAKASSARMETRO – Pameran pariwisata terkemuka di World Travel Market (WTM) London kembali digelar di Gedung Pameran Excel London, 4-6 November 2019. Wonderful Indonesia kembali tampil dalam ajang bergengsi tersebut.

Director of Marketing Development for Europe Region Kementerian Pariwisata, Agustini Rahayu mengatakan, sebanyak 61 industri pariwisata terdiri hotel/resor, operator tur, agen perjalanan, dan DMC dari 10 provinsi yaitu Sumatera Selatan, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Nusa Barat Tenggara, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan berpartisipasi dalam kegiatan utama pertemuan B2B (penjual bertemu pembeli) dan B2C (bertemu pelanggan) .

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid mengatakan, ini adalah kali pertama Pemerintah Kota Makassar ikut di WTM London, dimana kurang lebih 2 Tahun terakhir kegiatan promosi di luar negeri ditiadakan.

Kegiatan Hard selling ini dikoordinir oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif RI. Beberapa peserta dari kabupate/kota dan provinsi juga hadir diantaranya Provinsi NTT yang memiliki Booth sendiri di WTM kali ini, kemudian ada Kabupaten Kota Provinsi lain yaitu DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Kota Denpasar, Kabupaten Bintan, Yogyakarta.

Tak ketinggalan pula Kota Makassar. Explore Makassar telah masuk menjadi tourism branding Kementerian Pariwisata RI sejak tahun 2017.

Kementerian Pariwisata mempromosikan explore makassar and beyond seperti Benteng Rotterdam, Pelabuhan Paotere, Toraja, Tana Beru di Bulukumba.

Kuliner khas Kota Makassar ikut serta bertengger dalam pameran tersebut, yaitu Pallubasa dan Sop Konro bahkan sampai dengan event F8 2020 yang telah di tetapkan menjadi 10 Top event Indonesia.

Hari kedua pelaksanaan WTM di paviliun Indonesia delegasi Kota Makassar menampilkan Tarian 4 Etnis. Tim promosi pariwisata kota Makassar di pimpin oleh Bapak Sekda Ir Muh Ansar, Ibu Assiten 2 Sittiara , Ibu Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid serta Ketua DPD Asita Sulawesi Selatan Didi L Manaba dan perwakilan ASITA Sulawesi Selatan.

“World Travel Market London adalah salah satu acara penting dan media strategis untuk mempromosikan potensi pariwisata bagi profesional perjalanan sebagai bagian dari komunitas pariwisata dunia,” ujarnya.

WTM London sebagai pasar perjalanan terkemuka kedua dunia diikuti 51.000 peserta profesional utama lebih dari 38 sektor industri perjalanan, 182 negara, dan lebih dari 3000 jurnalis internasional..

WTM London memberi salah satu platform untuk mendapatkan produk pariwisata eksposur dan jangkauan yang luas.

Pada WTM London 2018, Indonesia mendapat penghargaan sebagai 10 Tujuan Wisata Terbaik dalam Perjalanan 2019 oleh Lonely Planet. Selain itu, pertumbuhan pariwisata Indonesia tercepat ke-9 di dunia dan ke-1 di Asia Tenggara.

Pertumbuhan pengunjung internasional mencapai 12,58% pada 2018, lebih besar dari pertumbuhan dunia yang 5,6%. Selain itu, indeks daya saing pariwisata Indonesia dengan cepat meningkat dari 70 di Indonesia 2013 ke-40 di tahun 2019.

Topik berita Terkait:
  1. Dispar Makassar
  2. Wonderful Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Berita Lainnya

Indeks Berita