somberena parlementa

Kursus Pranikah Diusulkan Ikut Tes Kesehatan

Kamis, 21 November 2019 09:53 WITA Reporter : Makassarmetro
Kursus Pranikah Diusulkan Ikut Tes Kesehatan

MAKASSARMETRO – Kursus pranikah diwacanakan menjadi syarat wajib sebelum menikah. Tak hanya itu, calon pengantin juga diusulkan mengikuti tes kesehatan dan tes narkoba.

Dilansir dari Antaranews, Direktur Generasi Optimis Research And Consulting, Tigor Mulo Horas Sinaga menyatakan pihaknya mendukung rencana penerapan kursus pranikah yang diinisiasi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Selain bimbingan pranikah, perlu juga pasangan yang akan menikah melakukan tes kesehatan dan tes narkoba sehingga calon pengantin saling mengetahui dengan jelas kesehatan serta kebersihan calon pasangannya,” ujar Horas Sinaga.

Pihaknya bahkan mengusulkan adanya dasar hukum berupa Peraturan Pemerintah tentang Syarat Menikah termasuk bagi program kursus yang diinformasikan akan dimulai pada 2020.

Menurutnya, pernikahan adalah elemen sangat penting oleh karena itu, kursus persiapan nikah bagi para pasangan yang hendak berumah tangga adalah suatu ikhtiar yang idealnya wajib dilakukan.

“Bahkan kami mengusulkan agar Presiden menerbitkan Peratuan Pemerintah terkait usul Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy agar peraturan tersebut lebih mengikat dan memiliki dasar hukum yang kuat,” kata Horas Sinaga.

Kursus pranikah sangat penting guna meletakkan dasar-dasar membina rumah tangga sesuai agama masing-masing agar calon keluarga baru tidak mudah terimpartasi paham apapun yang tak sesuai dengan Pancasila.

Dia juga menekankan agar setiap calon pengantin memeriksakan kesehatan dirinya, sehingga ada keterbukaan dan kesiapan dari awal, dan terhindar dari risiko penyakit menular yang mungkin disembunyikan oleh salah satu pasangannya.

Topik berita Terkait:
  1. Kursus Pranikah
Berikan Komentar
Komentar Pembaca