GenBI Sulsel Sasar Gelar “GenBi Indonesia Bersih di Lantebung

Sabtu, 30 November 2019 19:05 WITA Reporter : Makassarmetro
GenBI Sulsel Sasar Gelar “GenBi Indonesia Bersih di Lantebung

MAKASSARMETRO – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sulsel mengadakan kegiatan “GenBI Bersih Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, (30/11-1/12/2019) di Hutan Mangrove Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Makassar.

Bersih Indonesia merupakan kegiatan besar yang setiap tahunnya selalu dilaksanakan oleh Bank Indonesia bersama dengan GenBI Sulsel. Ini sebagai representatif Program Sosial BI (PSBI) untuk berkontribusi dalam membantu masalah sosial ekonomi masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan bersama GenBI sebagai agent of change ini, Bank Indonesia berupaya untuk memberikan Dedikasi Terbaik Untuk Negeri.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung Endang Kurnia Saputra selaku Direktur BI KPw Sulawesi Selatan. Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Ir. Andi Suraffo, M.Si, H. Kaharuddin Bakti selaku Camat Tamalanrea, Muh. Kasim., S.Sos selaku Lurah Bira, dan Kepala Kelompok Sadar Ekowisata Lantebung yaitu Bapak Sarabba, serta berbagai Komunitas-komunitas Peduli Lindungan

Kegiatan GenBI Bersih Indonesia hari pertama ini dilakukan Workshop Pengelolaan Sampah oleh Kahfiani,S.Hut selaku Plt. Kabid Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Dalam materinya, Kahfiani mengajak masyarakat dan rekan-rekan GenBI untuk praktik langsung bagaimana mengelola sampah plastik menjadi barang hias dan bernilai ekonomi.

Kemudian pemberian materi oleh Saddam husein selaku Public Relation Mall Sampah. Saddam Husein memberi banyak ilmu kepada masyarakat lantebung tentang kiat-kiat menjaga lingkungan seperti dengan menggunakan media seperti stainless straw, bamboo straw, dan paper straw guna mengurangi menggunaan sampah plastik.

Saddam Husein juga memberi informasi kepada kita semua bahwa adanya aplikasi Mall Sampah. Melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa menukar sampahnya dengan poin yang bisa ditukar dengan barang ataupun uang.

Bersih Indonesia 2019 ini bertujuan meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan ekowisata di Lantebung, melatih kemampuan masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta mendukung pengadaan fasilitas ekowisata lantebung.

“Jadi program kerja yang akan dilaksanakan besok di hari kedua ialah penanaman bibit mangrove sebanyak 1500 bibit mangrove, sehingga kedepannya Lantebung nantinya menjadi hutan mangrove besar yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan bisa mendatangkan banyak wisatawan untuk berkunjung,” ujar Andi Muh. Alif Ichwan, selaku Ketua Umum GenBI Sulsel.

Ia berharap, Bersih Indonesia rutin diadakan setiap tahun. Alief berharap bahwa dengan menjadi Frontliner, GenBI Sulsel dapat berkontribusi sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya khususnya untuk masyarakat Sulawesi Selatan dan tidak pernah padam semangatnya terhadap peduli lingkungan.

“Semoga dengan diadakannya kegiatannya ini selalu ada evoluasi dan pengembangan sehingga Genbi Festival bisa menjadi Representasi GenBI Sulsel untuk menunjukkan eksistensinya sebagai Front-liner Bank Indonesia,” ujar Mahasiswa Jurusan Ilmu Akuntasi, Unhas.

Topik berita Terkait:
  1. GenBI Sulsel
Berikan Komentar
Komentar Pembaca