somberena parlementa

Pertamina Gelar Donor Darah di 72 Titik, Target 2,062 Kantung Terkumpul

Rabu, 04 Desember 2019 09:12 WITA Reporter : Makassarmetro
Pertamina Gelar Donor Darah di 72 Titik, Target 2,062 Kantung Terkumpul

MAKASSARMETRO – Menyambut HUT ke-62, PT Pertamina (Persero) kembali melaksanakan kegiatan donor darah serentak di seluruh Indonesia, Selasa (3/12/2019). Donor darah serentak 72 titik wilayah kerja Pertamina dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari kantor pusat, unit pemasaran hingga unit pengolahan menggelar pelaksanaan donor darah.

Aksi donor darah serentak mengangkat tema “Give Blood Save Life.

Dari 72 titik, terdapat 17 di antaranya dilaksanakan di wilayah kerja Pertamina Marketing Operation (MOR) VII yang operasinya meliputi seluruh Sulawesi.

Untuk Provinsi Sulawesi Selatan, tercatat tiga titik pelaksanaan donor darah disiapkan, mulai dari Kantor Unit MOR VII Makassar, Fuel Terminal Parepare dan Fuel Terminal Palopo.

Tiga lokasi juga disiapkan di Provinsi Sulawesi Utara yakni Branch Marketing Sulutgo, Integrated Terminal Bitung serta Fuel Terminal Tahuna.

Khusus di Sulawesi Tenggara, Pertamina menyiapkan 4 lokasi pelaksanaan donor darah yang semuanya digelar di Fuel Terminal (dulu namanya TBBM) yakni Baubau, Kolaka, Kendari, serta Raha.

Sementara Sulawesi Tengah menjadi provinsi yang menggelar lokasi pelaksanaan terbanyak yakni sebanyak 6 titik. Selain 5 Fuel Terminal yakni Poso, Banggai, Luwuk, Tol-toli, dan Donggala, digelar juga acara serupa di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Mutiara Palu.

Di Gorontalo lokasi dipusatkan di Fuel Terminal Gorontalo.

Menurut General Manager (GM) Marketing Operation Region (MOR) VII, Chairul Alfian Adin, pihaknya menargetkan minimal 2,062 kantung darah bisa dikumpulkan selama pelaksanaan donor darah di 17 titik.

“Rinciannya 462 kantung disumbang dari pelaksanaan di kantor pusat MOR VII Makassar, dan 16 titik lainnya menyumbang masing-masing 100 kantung,” ujarnya.

Chairul berterima kasih atas animo pekerja Pertamina serta masyarakat luas yang menyambut baik kegiatan positif ini yang ditunjukkan dengan kedatangan mereka di lokasi pengambilan darah dari sejak pagi hari.

“Ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor terus meningkat. Karena selain membantu saudara kita yang membutuhkan, donor darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya jantung,” ujarnya,

Masih menurut Chairul, kegiatan donor darah ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT Pertamina yang ke-62.

”Dan donor darah menjadi kegiatan rutin setiap Pertamina merayakan hari ulang tahun,” ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan donor darah di Pertamina ini terbuka untuk umum. Adapun persyaratan, yaitu usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, tidak sedang menderita anemia, serta tekanan darah, suhu tubuh, dan denyut nadi dalam keadaan normal.

“Semua pendonor kami pastikan terlebih dahulu kesehatannya. Hanya yang memenuhi syaratlah yang selanjutnya diproses untuk melakukan donor,” ujar dr. Tzeto Itjong, Senior Supervisor Medical PT Pertamina MOR VII.

Khataman Alquran

Selain donor darah, Pertamina MOR VII juga rencananya akan mengadakan kegiatan lain dalam rangka menyambut HUT Pertamina ke-62. Kegiatan di antaranya khataman Alquran oleh anak panti asuhan, kompetisi senam kreasi tobelo, fun bike, dan family days bagi pekerja.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan acara syukuran yang akan dilaksanakan tepat di hari jadi Pertamina, 10 Desember 2019.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca