somberena parlementa

Pemkot Makassar Resmikan Rumah Program BSPS, Ini Tujuannya

Rabu, 11 Desember 2019 17:31 WITA Reporter : Haider
Pemkot Makassar Resmikan Rumah Program BSPS, Ini Tujuannya

MAKASSARMETRO – Pj. Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Kepala Dinas Perumahan Kota Makassar Faturrahman meresmikan rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Rabu (11/12/2019).

Peresmian dirangkaikan dengan syukuran dan serah terima prgram BSPS. Dalam sambutannya dihadapan penerima Bantuan BSPS, Iqbal menjelaskan bahwa program BSPS merupakan salah satu bukti kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berpenghasilan sangat rendah (MBR) dan mempunyai Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Penerapan model BSPS untuk peningkatan kualitas hidup bagi warga dalam kategori MBR yang memiliki RTLH.

“Berdasarkan kondisi tersebut Pemerintah dengan program BSPS memberikan bantuan peningkatan kualitas rumah agar warga yang memiliki RTLH menjadi Rumah Layak Huni (RLH) baik itu melalui bantuan Bank Dunia DAK maupun dari APBD pemerintah lota ataupun pusat,” ucapnya.

Iqbal berharap dengan adanya BSPS masyarakat berpenghasilan rendah yang rumahnya tidak layak huni dapat merasakan manfaat dari BSPS untuk memiliki rumah layak huni.

“Semoga dengan selesainya program ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja tapi terus menjadi kegiatan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Tim Pelaksana Teknis BSPS Amiruddin Made Dari Dinas Perumahan mengatakan RTLH sebanyak 40 unit rumah yang dibangun secara gotong royong harus mempunyai persyaratan yang sudah ditetapkan dari pemerintah pusat.

Jadi rumah yang akan dibangun secara swadaya yang tidak mempunyai surat atas hak kepemilikan tanah, namun harus ada surat keterangan dari pemerintah kelurahan, bahwa rumah tersebut tidak layak huni sebagai persyaratan untuk merenovasi rumah tersebut, tetapi surat keterangan tersebut bukan untuk meningkatkan hak atas kepemilikan tanah tersebut,” terang Made.

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca