BPBD Makassar Sebar Personel di Beberapa Lokasi Langganan Banjir

Kamis, 02 Januari 2020 18:20 WITA Reporter : Helmi
BPBD Makassar Sebar Personel di Beberapa Lokasi Langganan Banjir

MAKASSARMETRO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah membentuk beberapa tim penanggulangan. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif di saat cuaca ekstrim yang melanda Makassar di awal tahun 2020.

Kata Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Muhammad Rusli, tim inilah yang bertugas titik-titik yang sering terkena banjir atau genangan.

“Kita sudah melakukan tindakan preventif utk mengantisipasi, seperti kalau terjadi banjir atau genangan. Ungsikan ke masjid. Pakai perahu,” ungkap Rusli, Kamis (2/1/2020).

Padahal ada beberapa titik di tiga kecamatan yang berpotensi terjadi genangan tinggi seperti Tamalanrea, Biringkanaya, dan Manggala. Tiga kecamatan ini pulalah yang kini diwaspadai BPBD ketika cuaca ekstrim terjadi.

Rusli juga menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan para SKPD terkait untuk berkolaborasi mencegah dampak besar yang ditimbulkan genangan.

“Kita membentuk tim personel kekuatan kita, dan berkoordinasi dengan SKPD terkait dengan peralatan yang kita miliki. Dalam satu dua hari hingga minggu depan kita sudah mengundang instansi-instansi untuk rapat bersama,” paparnya.

Mengenai kesiapan, pihak BPBD Makassar menyiagakan perahu karet yang akan digunakan untuk mengevakuasi warga jika diperlukan. Berdasarkan informasi yang diterima ada delapan buah perahu milik BPBD, enam di antaranya tengah dalam perbaikan.

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. BPBD Makassar
  3. Tahun Baru
Berikan Komentar
Komentar Pembaca