somberena parlementa

Jendral Iran Dibunuh AS

Jumat, 03 Januari 2020 18:39 WITA Reporter : Makassarmetro
Jendral Iran Dibunuh AS

MAKASSARMETRO – Komandan pasukan elit Quds Iran, Jenderal Qasem Soleimani dilaporkan tewas dalam serangan pasukan Amerika Serikat di Irak pada Jumat (3/1/2020).

Dikutip dari BBC dan AFP, Pentagon mengonfirmasi bahwa Soleimani dibunuh atas arahan Presiden Donald Trump. Pernyataan tersebut keluar setelah muncul laporan adanya serangan di Bandara Internasional Baghdad yang disebut telah menewaskan sejumlah orang.

“Atas arahan Presiden, militer AS telah mengambil tindakan tegas untuk melindungi personil AS di luar negeri dengan membunuh Qasem Soleimani,” demikian pernyataan Pentagon yang dikutip dari BBC.

Tewasnya salah satu jenderal ternama Iran itu merupakan sebuah provokasi yang berisiko meningkatkan konflik antara Washington dan Iran, serta Timur Tengah pada umumnya.

Dari sumber lain, aksi AS ini ditanggapi Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Dia menyerukan masa berkabung selama tiga hari di Iran untuk menghormati Soleimani.

“Mati syahid menjadi hadiah atas upaya-upaya tanpa henti yang dilakukannya dalam beberapa tahun ini,” ucap Khamenei via Twitter.

Bahkan disebutkan pula bahwa Ayatollah mengisyaratkan balas dendam kepada Amerika Serikat.

Jagat Twitter, World War 3 (Perang dunia ketiga) juga menjadi trending topik global sebagai akibat dari kejadian ini. Hasil pantauan terakhir, sudah ada lebih dari 2 juta kicauan.

Amerika Serikat mengklaim aksi ini bertujuan untuk mencegah rencana serangan Iran di masa depan.

” Amerika Serikat akan terus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi rakyat kami dan kepentingan kami di mana pun mereka berada di seluruh dunia,” lanjut Pentagon.

Topik berita Terkait:
  1. AS
  2. Irak
Berikan Komentar
Komentar Pembaca