Musim Hujan, Iqbal Suhaeb Tinjau Kondisi Kolam Regulasi Nipa-Nipa

Jumat, 03 Januari 2020 22:32 WITA Reporter : Angga
Musim Hujan, Iqbal Suhaeb Tinjau Kondisi Kolam Regulasi Nipa-Nipa

MAKASSARMETRO – Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meninjau langsung kolam regulasi Nipa-nipa, Jumat (3/1/2020). Iqbal didampingi Kabid Drainase dan Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas PU, Fuad Azis.

Tujuan peninjauannya untuk melihat langsung kondisi kolam regulasi yang mampu mengatasi banjir di wilayah utara Kota Makassar itu.

“Jadi tiap tahun disini banjir. Dan Alhamdulillah saat ini air di kolam regulasi Nipa-nipa ini masih dalam situasi yang aman,” ucap Iqbal Suhaeb.

Iqbal juga meninjau perumahan-perumahan yang biasanya terkena dampak banjir tahunan itu. Namun, hingga saat ini ia bersyukur karena belum terjadi hal-hal yang ditakutkan warga.

Saat ini, tinggi air masih mencapai 3 meter dengan daya tampung total sebesar 3.000.000.000 liter dengan luas 80 ha.

“Jadi kalau batas maksimalnya itu tinggi air 5 meter masih dalam batas aman. Kalau sudah diatas 5 meter itu sudah menandakan akan terjadinya banjir,” tambah Nur Rezky, pengelola Kolam Regulasi Nipa-Nipa.

Selain berfungsi sebagai pencegah banjir, Kolam Regulasi Nipa-Nipa ini juga berfungsi untuk menampung air yang masuk melalui pelimpah selama terjadi puncak hujan untuk sementara waktu dan kembali dialirkan melalui pintu-pintu pengatur atau pompa air setelah hujan reda.

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. Pemkot Makassar
  3. Tahun Baru
Berikan Komentar
Komentar Pembaca