somberena parlementa

Infrastruktur Pulau Jadi Perhatian di Musrenbang Ujung Pandang

Jumat, 24 Januari 2020 22:56 WITA Reporter : Makassarmetro
Infrastruktur Pulau Jadi Perhatian di Musrenbang Ujung Pandang

MAKASSARMETRO – Persoalan infrastruktur masih menjadi perhatian utama di wilayah Kecamatan Ujung Pandang. Hal ini terungkap saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Ujung Pandang Tahun 2020, Jumat (24/1/2020).

Camat Ujung Pandang, Andi Zulkifly Nanda menyebut pembangunan tanggul di kawasan pulau-pulau Kecamatan Ujung Pandang butuh perhatian lebih.

“Persoalan abrasi yang ada di kecamatan itu khususnya pulau lae-lae, pulau samalona, dan pulau kayangan, cukup mengkhawatirkan. Diperlukan tanggul pemecah ombak yang kuat,” ungkap Andi Zulkifly Nanda.

Menurut Andi Zulkifly, apa yang disampaikannya merupakan prioritas utama. Sebab, menyangkut keselamatan warga yang bermukim di wilayah tersebut.

Selain itu, persoalan drainase juga masuk dalam prioritas Musrenbang yang merumuskan program kerja daerah pada tahun 2021 mendatang ini. Kecamatan Ujung Pandang yang merupakan pusat Kota Makassar, kata Andi Zulkifly, harus bebas dari genangan dan banjir.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muhammad Ansar menegaskan, apa yang menjadi usulan harus berdasarkan kebutuhan, sehingga dalam penyusunannya perlu mempertimbangkan skala prioritas.

Pemerintah Kota Makassar, kata Ansar, wajib mengakomodir usulan yang berasal dari kebutuhan warga. Begitupula dengan program yang telah tertuang tingkat nasional maupun provinsi, maupun pandangan dari legislatif.

“Musrembang itu mulai dari tingkatan paling bawah. Semuanya warga dari tingkat kelurahan kemudian tingkat kecamatan. Dalam pemilihannya harus berdasarkan perundang-undangan yang berlaku yakni Undang-undang Perencanaan Pembangunan. Tugas pemerintah adalahelihat dari skala prioritas kota dari 15 kecamatan yang ada di Makassar,” kata Ansar.

Musrenbang yang diselenggarakan di Hotel Aerotel Smile, Jalan Mukhtar Lutfi, Makassar, ini juga dihadiri seluruh lurah lingkup KEcamatan Ujung Pandang, Ketua TP PKK se-Kecamatan Ujung Pandang, Forum LPM, beberapa SKPD lingkup Pemkot Makassar, Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca