somberena parlementa

Peringati Hari Kusta, Pemkot Makassar Raih Rekor MURI

Senin, 03 Februari 2020 11:24 WITA Reporter : Musthain
Peringati Hari Kusta, Pemkot Makassar Raih Rekor MURI

MAKASSARMETRO – Dalam rangka peringatan hari kusta sedunia, Pemerintah Kota Makassar bekerjasama dengan Departemen Dermatologi & Venereologi Unhas, serta Perhimpunan Dokter Kulit & Kelamin (Perdoski) Makassar, mengadakan pemeriksaan bercak kusta di Tribun Karebosi, Senin (3/2/2020).

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Kusta Kementerian Kesehatan dr Tiara, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof Budu dan Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb.

Dalam sambutannya, Iqbal Suhaeb menyampaikan bahwa kegiatan sangat penting dilakukan mengingat saat ini di Makassar, angka prevalensinya kusta cukup tinggi.

“Saat ini angka prevalensinya masih cukup tinggi, di mana memang kota Makassar masih 1,17 tahun 2019, di mana memang target nasional itu tidak melebihi angka 1,” ujar Iqbal

Lebih jauh, Iqbal mengharapkan kegiatan ini menjadi awal dari sejumlah tindak lanjut yang akan dilaksanakan.

“Nantinya Pemerintah kota Makassar melalui agen-agen terdepannya di puskesmas bersama fakultas kedokteran, tentu saja akan terus memantau pasien yang sudah terdeteksi sehingga pengobatannya akan terus berlanjut dan sekaligus mengeliminasi pasien baru sehingga kita harapkan dalam beberapa tahun ke depan kita benar-benar bisa bebas dari kusta,” tambahnya.

Di akhir acara, Iqbal Suhaeb menerima penghargaan dari Mesum Rekor Indonesia (MURI) sebagai apresiasi kegiatan pemeriksaan kusta terbanyak, dengan total pasien mencapai 200 orang lebih.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan komitmen bersama menuju eliminasi kusta kota Makassar 2025 dan penyerahan rompi secara simbolik kepada 47 kader kusta se- kota Makassar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca