somberena parlementa

Tiongkok Kekurangan Masker, Terpaksa Impor dari Indonesia

Selasa, 04 Februari 2020 09:19 WITA Reporter : Makassarmetro
Tiongkok Kekurangan Masker, Terpaksa Impor dari Indonesia

JAKARTA – Penyebaran virus korona masih menjadi momok menakutkan. Penggunaan masker menjadi salah satu pencegahan terjangkitnya virus yang mematikan tersebut. Akan tetapi, Tiongkok saat ini kekurangan masker.
Makanya mereka terpaksa mengimpor dari Indonesia.

AFP melansir, hingga Selasa (4/2/2020) sudah 425 orang meninggal dunia di Tiongkok. Sebanyak 414 di antaranya berasal dari Hubei. Virus korona di Tiongkok sudah menjangkiti 10.990 pasien. Sebanyak 576 lainnya dalam kondisi kritis.

Makanya pemerintah Tiongkok mewajibkan penduduk untuk mengenakan masker. Akan tetapi, kapasitas produksi pabrik yang biasanya mencapai 20 juta masker per hari kini hanya menghasilkan sekitar 60 sampai 70 persen.

Juru bicara Kementerian Perindustrian Tiongkok, Tian Yulong, mengatakan bahwa kurangnya produksi masker karena imbas liburan Imlek. “Yang Kami butuhkan saat ini adalah masker medis, pakaian pelindung dan kacamata pengaman,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Terkait masalah tersebut, Tiongkok mendatangkan masker dari Indonesia. Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa Tiongkok telah memesan masker buatan Indonesia. Bahkan, produksi masker sampai tiga bulan ke depan sudah dipesan. “Seluruh produksi masker ini sudah di lock sama Tiongkok,” kata Airlangga.

Airlangga mengingatkan, agar semua produksi masker juga menyiapkan kebutuhan untuk dalam negeri. Jangan sampai semua diserap untuk ekspor dan masyarakat Indonesia tidak kebagian. (*)

Topik berita Terkait:
  1. korona
  2. masker
  3. Tiongkok
  4. virus
  5. Wuhan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca