somberena parlementa

Makassar Bakal Punya Gedung Perpustakaan Baru

Rabu, 19 Februari 2020 12:30 WITA Reporter : Musthain
Makassar Bakal Punya Gedung Perpustakaan Baru

MAKASSARMETRO – Kota Makassar akan mempunyai gedung perpustakaan yang baru. Lokasi pembangunan gedung perpustakaan kota ini rencananya akan dibangun di lahan eks THR, di Jalan Kerung-kerung.

Humas Dinas Perpustakaan Makassar, Tulus Wulan Juni, menyampaikan bahwa dana pembangunan gedung perpustakaan merupakan bantuan Perpustakaan Nasional melalui Dana Alokasi Khusus dari pemerintah pusat.

“Anggarannya 10 Milyar,” ujar Tulus kepada makassarmetro.com, Rabu (19/2/2020).

Rencananya, gedung perpustakaan ini akan dibangun dengan tinggi empat lantai. Mengikuti konsep rumah adat Bugis Makassar, lantai pertama berfungsi sebagai area terbuka dan lokasi parkir. Sedangkan lantai dua difungsikan sebagai ruang baca anak, tempat bermain dan area disabilitas.

Di lantai tiga, nantinya akan digunakan sebagai ruang baca umum, kelas inkulusi, area shalat, dan ruang referensi buku daerah (Makassar Corner), dengan fasilitas komputer dan e-book. Lalu, di lantai empat akan difungsikan sebagai auditorium serba guna, dan kantin outdoor. Informasi detail bangunan ini, kata Tulus, berdasarkan desain dan revisi dari konsultan.

Proses perencanaan pembangunan gedung perpustakaan kota Makassar ini tengah memasuki tahap pelelangan, yang akan ditangani oleh Unit Layanan Pengadaan Kota Makassar.

“Proses lelang insya Allah bulan ini (Februari),” tambahnya.

Tulus pun berharap agar proses pembangunan gedung perpustakaan Kota Makassar dapat berjalan lancar dan nantinya gedung ini bakal menjadi ikon baru kota Makassar.

“Semoga proses pembangunan gedung fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kota Makassar dapat berjalan lancar atas dukungan semua pihak, demi menghadirkan sebuah impian memiliki Perpustakaan modern, yang menyenangkan sebagai ruang belajar dan berbagi pengetahuan untuk kita semua, dan menjadi ikon baru sebuah peradaban Kota Makassar sebagai Kota Dunia.” pungkasnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca