Buka Workshop SOIna, Pj Walikota: Semoga Makassar Jadi Kota Inklusif

Jumat, 28 Februari 2020 12:03 WITA Reporter : Musthain
Buka Workshop SOIna, Pj Walikota: Semoga Makassar Jadi Kota Inklusif

MAKASSARMETRO – Special Olympic Indonesia (SOIna) menyelenggarakan Atlhete Leadrship Training dan Youth Activation Workshop, 28 Februari sampai 1 Maret 2020, di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar, Jalan Daeng Tata.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Ketua SOIna Sulawesi Selatan Madjah Muhyiddin Zain, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Mukhtar Tahir dan Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb, yang sekaligus membuka acara.

Ketua SOIna Sulsel, Madjah Muhyiddin Zain, dalam sambutannya menjelaskan bahwa SOIna merupakan organisasi sosial dunia, yang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi penyandang disabilitas, khususnya tuna grahita untuk bisa berprestasi.

“Ada 170 negara yang bergabung di organisasi ini, Indonesia merupakan negara ke 79 yg bergabung,” ujar Madjah Zain.

Lebih lanjut, Madjah Zain menyampaikan bahwa para penyandang disabilitas dapat juga mengukir prestasi yang membanggakan. Rektor Universitas Islam Makassar menyebut atlet tuna grahita dari kota Makassar pernah meraih prestasi di olimpiade di Amerika, cabang renang dan atletik.

“Mereka juga dibina di tempat ini, untuk bisa juga berprestasi, khsususnya di bidang olahraga, kalau kita melihat mereka berlatih itu sungguh luar biasa,” tambahnya.

Madjah Zain berharap, masyarakat dapat melihat dan memberi penghargaan bagi prestasi yang diraih penyandang disabilitas.

“Mereka juga anak bangsa yang berhak mendapat tempat di masyarakat.” ucap Madjah Zain.

Pada kegiatan ini, kata Madjah Zain, akan diadakan pula pelatihan pemuda dan mahasiswa untuk menjadi pendamping dan relawan sosial bagi penyandang disabilitas.

Sementara itu, Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb dalam sambutannya memberi apresiasi kepada SOIna, atas usaha dan kegiatan yang dilakukan, demi mewujudkan masyarakat inklusif.

“Terima kasih kepada volunteer dan job leader, semoga saja kota Makassar menjadi kota inklusif. Kita tahu apa yang dilakukan oleh SOIna selama ini, supaya masyarakat benar-benar inklusif, tidak ada lagi yang membeda-bedakan anak-anak disabilitas, tentu suatu hal yang sangat bagus,” ujar Iqbal.

Iqbal juga mengatakan harapannya agar para atlet disabilitas dapat mendapat tempat di masyarakat. Hal itu perlu dilakukan, kata Iqbal, untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak penyandang disabilitas.

“Kita mau nantinya para atlet spesial olympic mendapat tempat di masyarakat seperti atlet lainnya, ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk atlet disabilitas, dan mereka sendiri tidak merasa terasing,” pungkas Iqbal.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca