Di FGD Karya Cipta, Dispustaka Makassar Terima 28 Buku

Selasa, 10 Maret 2020 12:53 WITA Reporter : Musthain
Di FGD Karya Cipta, Dispustaka Makassar Terima 28 Buku

MAKASSARMETRO – Dinas Perpustakaan Makassar menerima 18 judul dan 28 eksemplar buku dari para penulis Makassar yang mengikuti Focus Group Discussion Karya Cetak dan Karya Rekam di Hotel Continent, Senin (9/3/2020).

Kepala Bidang Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dispustaka Makassar, Indra Artati, mengaku tak menyangka banyak penulis menyerahkan buku ke Perpustakaan.

“Ini di luar dugaan saya, Alhamdulillah penulis sadar menyerahkan hasil karyanya, bahkan Professor dan Doktor yang menyerahkan, ini sebuah kepercayaan dan penghargaan bagi Perpustakaan,” ungkap Indra Artati usai mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan, Andi Siswanta A Attas menerima buku-buku itu secara simbolis.

Acara FGD ini diikuti oleh penulis dan penerbit di Kota Makassar. Selain itu,hadir pula Kepala Bagian Pengolahan Perpustakaan Unhas, Dr Iskandar sebagai narasumber.

Menurut Dr Iskandar, walaupun dalam UU No. 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam tidak menyebutkan kewajiban Penerbit menyerahkan hasil karyanya ke Perpustakaan Daerah Kabupaten/ Kota, namun Penerbit dan Penulis diharapkan ikut memajukan Perpustakaan di daerah dengan menyerahkan hasil karyanya.

“Semakin banyak ilmu dihimpun oleh Perpustakaan, semakin maju masyarakatnya karena memperoleh banyak ilmu pengetahuan,” terang Iskandar.

Nantinya, Dinas Perpustakaan Kota Makassar akan memfasilitasi seluruh penulis dan penerbit dalam menyampaikan karyanya ke Perpustakaan Nasional RI dan ke Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai dukungan menjalankan amanah UU tentang Serah Simpan KCKR. Rencana program Inovasi “Care KCKR” di Bidang Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Bahan Perpustakaan saat ini masih menyiapkan formula dan skema pelaksanaan inovasi Care KCKR.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca