Indahkan Imbauan Self Isolation Bagi Pekerja, Perusahaan di Makassar Bakal Diberi Keringanan Pajak

Selasa, 24 Maret 2020 14:56 WITA Reporter : Makassarmetro
Indahkan Imbauan Self Isolation Bagi Pekerja, Perusahaan di Makassar Bakal Diberi Keringanan Pajak

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar mengapresiasi perusahaan swasta yang mengindahkan himbauan Work from Home atau kerja dari rumah guna mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu bentuknya yakni memberikan keringanan pajak.

“Jadi untuk perusahaan yang berlakukan kerja dari rumah atau merumahkan sementara karyawannya kita akan beri kebijakan soal keringanan pajak,” ungkap Pj. Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb, Senin malam (23/3/2020).

Untuk itu, Iqbal Suhaeb menyebut segera akan berkoordinasi dengan Badan Pendapatan Daerah Makassar dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Makassar. Sedangkan opsi kompensasi bagi karyawan yang harus kekurangan pendapatan akibat self isolation masih dipelajari.

“Kalau itu belum, kami belum tahu pasti mekanismenya seperti apa, nanti kita akan pelajari,” ujarnya.

Sementara Kepala Disnaker Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengaku menyambut baik arahan Iqbal Suhaeb. Kata dia, rencana kebijakan ini berupaya untuk melindungi pekerja dan karyawan.

“Alhamdulillaah kalau Pak Wali berencana ringankan perusahaan persoalan pajaknya. Segera saya akan menghadap unfuk berkoordinasi. Karena ini untuk pekerja kita semua,” ungkapnya.

Mengenai persoalan kompensasi, dia menyebut, menyerahkannya ke bipartit antara perusahaan dan pekerja. Pasalnya sudah ada surat edaran dari Kemenaker terkait persoalan itu.

“Kita akan pelajari dulu nah. Tapi begini sudah ada edaran kementerian kepada perusahaan seperti meminimalkan pekerjaan, dengan gaji pengupahan melalui kesepakatan pekerja dengan perusahaan,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca