somberena parlementa

Warga Makassar Terancam Tidak Mudik

Kamis, 26 Maret 2020 17:42 WITA Reporter : Makassarmetro
Warga Makassar Terancam Tidak Mudik

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar bakal mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik di masa penanganan wabah Korona atau Covid-19.

Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb, menyampaikan hal ini dihadapan para wartawan saat melakukan konferensi pers jarak jauh, Kamis (24/3/2020).

“Mengenai mudik, kami memang akan mengeluarkan surat imbauan supaya menunda dulu mudik, apalagi kita tahu, kalau mudik itu kita menemui orang tua di kampung, kalau sudah tua berarti rentan daya tahan tubuhnya,” ujar Iqbal.

Virus Korona, kata Iqbal, bersifat asimptomatik, yang berarti orang positif terkena virus bisa saja tidak menunjukkan gejala apapun. Hal itu terjadi apabila daya tahan tubuh penderita kuat, berbeda dengan orang tua yang daya tahan tubuhnya lemah.

“Olehnya itu, disarankan jangan mudik, nanti ketemu sama neneknya di kampung yang rentan, itu bisa tertular, karena corona ini asimptom tidak ada gejala kalau kuat daya tahan tubuhnya,” tambahnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini, Iqbal juga mengatakan akan melakukan pendataan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan mudik dan masuk ke lewat Makassar. Nantinya, kata Iqbal, setelah masuk ke Makassar, para TKI tersebut akan diperiksa dan diminta untuk melakukan isolasi diri.

“TKI itu benar-benar akan didata dengan baik, minimal mereka melakukan self islosasi selama dua pekan, kalau diperiksa dan tidak ada gejala, mereka diminta self isolasi. Setelah self isolasi itu mereka baru bisa bekontak dengan orang lain.” pungkas Iqbal.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca