Fokus Penanganan Covid-19, Pemkab Gowa Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas dan Rapat

Sabtu, 28 Maret 2020 14:38 WITA Reporter : Makassarmetro
Fokus Penanganan Covid-19,  Pemkab Gowa Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas dan Rapat

MAKASSARMETRO, Gowa – Anggaran daerah Pemerintah Kabupaten Gowa bakal dipangkas agar dapat difokuskan dalam penanganan penyebaran virus corona. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo saat melakukan video conference, Sabtu (28/3/2020).

Adnan menyebut, bakal memangkas anggaran perjalanan dinas, baik untuk pejabat lingkup Pemkab Gowa maupun SKPD. Dia menilai, perjalanan dinas tidak terlalu dibutuhkan dalam kondisi siaga Covid-19 yang tengah disandang Kabupaten Gowa.

“Kita akan revisi anggaran perjalanan dinas, tidak mungkin juga kita mau perjalanan dinas baru diarahkan bekerja dari rumah. Jadi untuk itu kita alihkan ke penanganan Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebarannya,”ujar Adnan Purichta Ichsan.

Selain itu, anggaran rapat, berikut dengan makan dan minumnya juga bakal dipangkas. Dia menyebut rapat lebih banyak dilakukan melalui telekonferensi, sehingga anggaran rapat, makan dan minum tidak diperlukan.

“Selama wabah Covid-19 ini kita rapat video conference seperti ini. Tidak butuh makan dan minum, jadi kita pangkas anggaran rapatnya,” kata dia.

Dia menegaskan, bakal mengalokasikan ke beberapa pos penganggaran darurat, misalnya penyemprotan disenfektan, alat pelindung diri , pemenuhan kebutuhan sembako bagi keluarga ODP, PDP, maupun positif Covid-19 yang tengah isolasi mandiri di rumah.

Berdasarkan data per 27 Maret 2020, terang Adnan, ODP terdapat 12 orang, PDP menunjukkan 7 orang positif 5 orang. Atas dasar inilah yang status Kabupaten Gowa menjadi siaga, dan masanya ditambah hingga 7 April 2020.

“Untuk sementara kedua pos anggaran ini dulu yang dipangkas, sambil kita lihat perkembangan,” ujarnya.

Jika masa siaga masih berlanjut hingga bulan Ramadan, dia menegaskan, tidak akan mengadakan beberapa kegiatan. Di antaranya kegiatan Safari Ramadan di 18 kecamatan dan buka puasa bersama.

“Kalau memang dapat Ramadan, kita akan pangkas anggaran Safari Ramadan dan buka puasa bersama. Supaya bisa fokus ke penanganan Covid-19 ini,” pungkasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca