Jangan Anggap Remeh, Positif Covid-19 di Makassar Didominasi Usia Produktif

Selasa, 21 April 2020 19:51 WITA Reporter : Makassarmetro
Jangan Anggap Remeh, Positif Covid-19 di Makassar Didominasi Usia Produktif

MAKASSARMETRO — Lansia yang terjangkit Covid-19 memiliki resiko kematian lebih besar. Hal itu, disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Tun Naiziah Azikin, Selasa (21/4/2020).

“49 yang meninggal dan yang ternyata terbanyak pada usia yang sangat signifikan umur lanjut usia yang terjangkit virus Covid dengan angka kematian,” kata Tun Naiziah Azikin.

Dia menjelaskan, semakin tua angka kematian persentase kematian juga tinggi. Sehingga pihaknya, terus mengantisipasi, agar para lansia untuk menjaga diri dengan baik.

Melihat dari data yang ada usia 50-80 tahun persentase sebanyak 20 persen. Maka sesuai aturan pemerintah ASN umur 50 tahun keatas dianjurkan bekerja dirumah.

“Cocok dengan prediksi pemerintah karena kalau dilihat angka kematian cukup tinggi,” ujarnya.

Potensi kematian bertambah, jika pasien memiliki penyakit penyerta. Contohnya, kata Naisyah, seperti jantung, diabetes mellitus, dan penyakit gangguan pernafasan.

Selain usia lanjut, usia remaja juga rentan terpapar Covid, ini dapat dilihat dari jumlah kasus positif yang dominan dari rentang 21-50 tahun. Per 20 April, tercatat sudah ada 174 orang positif di usia produktif ini.

Salah satu faktor penyebabnya karena seringnya berkeliaran di luar rumah. Termasuk tidak mematuhi anjuran memakai masker dan physical distancing.

Diketahui, per Selasa, 21 April 2020, jumlah kasus positif mencapai 285, 45 di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Kemudian PDP di angka kumulatif 245, dengan kesembuhan atau dinyatakan sehat sebanyak 70 orang.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca