Rapid Test Serentak di Makassar, Nakes dan ODP Prioritas

Kamis, 23 April 2020 15:36 WITA Reporter : Makassarmetro
Rapid Test Serentak di Makassar, Nakes dan ODP Prioritas

MAKASSARMETRO – Rapid test serentak dilakukan hari ini, Kamis (23/4/2020) di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Makassar. Pemeriksaan mempriotitaskan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) orang yang berstatus ODP dan PDP.

Kepala Puskemas Bara-barayya, dr. Juniarsi menyebut, khusus untuk rapid test kali ini dia menyiapkan puluhan tenaga kesehatan.

“Khusus untuk Bara-barayya kami disiapkan untuk nakesnya 32 orang untuk hari ini”, kata dr. Juniarsi, Kamis (23/04/2020).

Sedangkan data mengenai jumlah ODP dan PDP yang ada di Puskesmas Bara-barayya terdapat 20an orang.

dr. Juniarsi mengatakan bahwa meskipun hari ini pihak Puskesmas Bara-barayya sementara dalam pelayanan, Rapid test serentak tersebut ditargetkan dapat selesai dalam satu hari ini.

Adapun mengenai jumlah rapid test akan lebih dari data jumlah nakes dan orang berstatus ODP dan PDP. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan hal yang bisa terjadi.

“Cadangan tetap kami punya untuk pasien setelah kita tracking pasien yang ODP/PDP tersebut. Terus ternyata dia ada kontak dengan orang lain di luar KK nya dia atau di luar yang sudah kita catat kita akan telusuri lagi nanti kita rapid lagi”, ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa hasil dari rapid test tersebut nantinya akan disetor seluruhnya di dinas kesehatan.

“Nanti kalau ada yang positif dikembalikan lagi ke kami untuk ditracking lagi. Ditracking itu maksudnya dicari apakah dia 14 hari sebelumnya dia kontak dengan siapa saja”, tuturnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca