Barongko, Jajanan Tradisional Andalan saat Berbuka Puasa

Senin, 04 Mei 2020 18:54 WITA Reporter : Makassarmetro
Barongko, Jajanan Tradisional Andalan saat Berbuka Puasa

MAKASSARMETRO — Kue tradisional khas Sulawesi Selatan, Barongko memiliki tekstur yang begitu lembut. Sehingga jajanan ini cocok disantap saat keadaan hangat maupun dingin.

Tidak heran kue yang dibungkus oleh daun pisang tersebut biasanya dijadikan jajanan paling dicari ketika bulan suci Ramadhan. Karena kue tersebut akan terasan enak billa dingin, terlebih usai dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Salah satu warga Makassar, Wati membeberkan bahwa jajanan andalan yang paling dicari anggota keluarganya yaitu barongko. Menurutnya, tekstur lembutnya dan ditambah dengan rasa yang manis dan legit menjadikan kue itu favorit.

“Biasanya untuk buka puasa ya Barongko, karena di makan bersama teh juga bisa, tapi khusus puasa Barongko dingin biasanya sebelum buka saya kasih masuk dulu dilemari pendingin,” kata Wati, Senin (04/05/2020).

Ibu rumah tangga ini mengaku, jika punya kesempatan terkadang dirinya membuat sendiri kue tersebut, namun kalau tida ia akan membelinya di pedagang takjil di Jl AMD, Perumnas Antang yang dekat dengan rumahnya.

Kue yang terbuat dari pisang kepok, santan, garam, susu dan vanili, dulunya merupakan kue raja-raja bugis. Selain itu kue dulunya hanya bisa dinikmati di acara adat seperti sunatan, akikah, pernikahan, serta syukuran.

Sekarang kue dibukus daun pisang yang dimasak dengan di kukus telah mudak di jumpai, bahkan harganya pun relatif murah harga Rp.3000 hingga Rp 5000.

Wati juga mengungkapkan, barongko juga sekarang mengalami modifikasi resep misalkan saja menambahkan agar-agar atau memberi parutan keju didalamnya. Hal itu sesuai perkembangan zaman dan kreatifitas.

“Sekarang banyak Barongko yang di modifikasi sesuai selera pembuatnya dan kreatifitasnya, contoh saya biasa jadikan Barongko seperti ice cream karena saya simpan di freezer jaman dulukan tidak ada kulkas, walau begitu tidak mengurangi rasanya tetap khas,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca