Asteroid Melintasi Bumi Malam Ini

Kamis, 07 Mei 2020 15:09 WITA Reporter : Rul
Asteroid Melintasi Bumi Malam Ini

MAKASSARMETRO — Asteroid 2009XO akan mendekati bumi pada Kamis, 7 Mei 2020 pukul 12.17 Universal Time atau malam 15 Ramadhan 1441 H pukul 19.17 WIB, informasi tersebut dilansir melalui Website Pusat Sains Lapan.

Emmanuel Sungging Mumpuni, Peneliti dari Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa ( LAPAN) menjelaskan, asteroid tersebut berada pada jarak 3,4 juta kilometer dari bumi.

Menurut Sungging jarak itu adalah aman dari bumi sehingga tidak harus dikhawatirkan.

“Dia (Asteroid 2009 XO) mendekat Bumi dengan jarak 4X jarak bumi-bulan, jadi masih relatif aman,” terangnya, dilansir melalui laman Kompas, Kamis (07/05/2020)

Lebih lanjut, selain tidak menabrak Bumi, asteroid tersebut juga tidak akan menimbulkan dampak apapun.

“Tidak ada efek, untuk diamati juga tidak mudah,” terang Sungging.

Ia ia menerangkan, gerakan asteroid ada yang berada dalam orbit tertentu, ada juga yang bergerak liar. Asteroid yang bergerak liar inilah yang kemudian perlu diwaspadai sebagai Potensial Hazard Object (PHO) dan harus terus menerus diawasi.

Asteroid XO sendiri termasuk yang dianggap berpotensi berbahaya, akan tetapi ia menyampaikan ada program internasional untuk selalu mengamati asteroid-asteroid yang punya potensi membahayakan Bumi.

Sebelumnya internet dihebohkan dengan kabar bahwa pada 8 Mei ada Asteroid yang menabrak dan menghancurkan Bumi. Menanggapi hal itu Sungging menyebutkan bahwa berita yang beredar adalah hoax dan tidak benar.

“Tidak betul. Beberapa asteroid yang berpotensi berbahaya sudah kami muat di web LAPAN,” ujar dia.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca