Belasan ABK Indonesia Bakal Dipulangkan dari Korsel

Kamis, 07 Mei 2020 21:31 WITA Reporter : Rul
Belasan ABK Indonesia Bakal Dipulangkan dari Korsel

MAKASSARMETRO — Empat belas Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal Longxing 629 China, akan dipulangkan besok. Hal itu disampaikan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Umar Hadi untuk Korea Selatan saat melakukan wawancara di acara Kompas TV, Kamis (07/05/2020).

“Besok tiga belas ABK dan satu mayat ABK yang meninggal di rumah sakit Busan karena sakit juga dipulangkan semua ke Indonesia,” ujar Umar Hadi.

Ia mengatakan saat ini tiga belas ABK yang selamat sedang menjalani proses wawancara yang dilakukan oleh pihak otoritas Korea Selatan. Sedangkan pihak KBRI hanya bisa menjadi pendamping dan saksi.

Umar Hadi menyebutkan, bila dari hasil penyelidikan lebih lanjut diperoleh empat kloter jawaban yang berbeda-beda diantaranya, mendapatkan kekerasan, tidak diberikan waktu istirahat, serta tidak mendapatkan gaji. Sehingga diduga terjadi tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Sampai sekarang kita masih melakukan penyelidikan lebih lanjut siapa agen penyalur ABK dan pemilik perusahaan kapal ikan,” terangnya.

Dia menyampaikan pihak Kementerian Luarnegeri telah melakukan pertemuan dengan pihak Kedutaan Besar China di Indonesia siang tadi, untuk menghimpun informasi terkait masalah tersebut.

“Kita lagi cari tau siapa agen penyalur ABK dan pemilik perusahaan perusahaan kapal ikan yang membawa para ABK itu,” lanjutnya.

Sebelumnya kasus perbudakan yang terjadi dikapal Longxing terbongkar setelah kapal bersandar dipelabuhan Busan dan para ABK meminta bantuan pada pihak Korea Selatan, kejadian ini lantas diberitakan distasiun TV MBC Korea.

Lalu youtuber Jang Hansol melalui akun youtubenya yaitu Korea Reomit menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia sehingga menjadi viral. Dalam unggahannya itu pula diketahui ada tiga ABK yang sakit dan meninggal diatas kapal Longxing, yang kemudian mayatnya di larungkan kelaut.

Semetara berdasarkan data Kemlu, kedua kapal tersebut membawa 46 awak kapal WNI. Sebanyak 15 di antaranya berasal dari Kapal Long Xin 629.

KBRI Seoul berkoordinasi dengan otoritas setempat telah memulangkan 11 awak kapal pada 24 April 2020. Dan 14 awak kapal lainnya akan dipulangkan pada 8 Mei 2020.

KBRI Seoul juga sedang mengupayakan pemulangan jenazah awak kapal dengan inisial E yang meninggal di RS Busan karena pneumonia. Sedangkan 20 awak kapal lainnya melanjutkan bekerja di kedua kapal itu.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca