Kemenag Godok Aturan Nikah di Luar KUA, Hadirin Maksimal 30 Orang

Minggu, 31 Mei 2020 20:39 WITA Reporter : Makassarmetro
Kemenag Godok Aturan Nikah di Luar KUA, Hadirin Maksimal 30 Orang

MAKASSARMETRO — Kementerian Agama tengah menggodok aturan prosesi akad nikah di luar Kantor Urusan Agama (KUA), termasuk di tempat ibadah jelang penerapan pola hidup baru selama pandemi.

“Selama ini akad nikah hanya di Kantor KUA, kita sedang godok untuk di luar KUA. Insya Allah (rampung) pekan depan,” ujar Dirjen Binmad Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, Ahad (31/5/2020).

Sebelumnya, Kemenag mengeluarkan surat edaran (SE) tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi. Dalam SE itu, salah satu yang diatur juga tentang akan pernikahan atau perkawinan, di mana peserta yang hadir maksimal hanya 30 orang.

Selain itu, yang paling penting dalam SE tersebut para peserta yang hadir dipastikan dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19 dan menjaga jarak, sekitar 1 meter. Begitu juga dengan lokasi penyelenggaraan, di mana fakta riil berada di kawasan harus bebas dan aman dari Covid-19 atau R0.

Berikut isi poin ke enam SE Kemenag Nomor 15 Tahun 2020:

6. Penerapan fungsi sosial rumah ibadah meliputi kegiatan pertemuan masyarakat, misal akad pernikahan/perkawinan, tetap mengacu pada ketentuan di atas dengan tambahan ketentuan sebagai berikut:
a. Memastikan semua peserta yang hadir dalam kondisi sehat dan negatif COVID-19
b. Membatasi jumlah peserta yang hadir maksimal 2O% (dua puluh persen) dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang
c. Pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca