Peminat Olahraga Sepeda di Makassar Meningkat, Anggota MCC Lampaui Angka 100

Minggu, 28 Juni 2020 20:52 WITA Reporter : Makassarmetro
Peminat Olahraga Sepeda di Makassar Meningkat, Anggota MCC Lampaui Angka 100

MAKASSARMETRO – Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan meningkat selama masa pandemi Covid-19, yakni menjaga pola perilaku hidup bersih dan sehat.

Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta berolahraga. Salah satu olahraga yang makin digandrungi yakni olahraga sepeda.

Peminat olahraga ini semakin besar. Maklum saja, sebagian besar orang terlebih dahulu bisa mengendarai sepeda sebelum mengendarai kendaraan lain seperti sepeda motor.

Makassar Cycling Club (MCC) mencatat beberapa pekan terakhir anggota komunitas olahraga sepeda di Makassar ini meningkat sebesar 30 persen. Kini anggota MCC sudah lebih dari 100 orang.

” Olahraga yg sangat banyak digandrungi adalah olahraga sepeda. Dan terbukti 1 bulan pasca di buka kenormalan baru jumlah pemain sepeda road bike yg tergabung di MCC (Makassar Cycling Club) bertumbuh higga 30%, kini anggota sudah berjumlah lebib dari 100 orang, ” ujar Ketua MCC, Liem Tjong San, Ahad (28/6/2020).

Om San, sapaan akrab Ketua MCC, juga mengungkapkan bahwa jauh sebelum ada pandemi olahraga sepeda memiliki segudang manfaat. Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga baik bagi psikis seseorang.

“Masyarakat makin sadar manfaat olahraga sepeda yakni menjaga kebugaran tubuh yg tentunya meningkatkan imun seseorang, dan juga nghindari penyakit jantung,” kata Om San.

“Juga bisa mengurangi beban stress, apalagi dengan kondisi yang serba ketakutan dan gerak ekonomi yang tidak pasti, kita membutuhkan kesimbangan untuk mengelola stress dalam menghadap realitas kehidupan,” sambungnya.

Selain itu, dengan bersepeda bersama-sama dalam komunitas seperti MCC, lanjut Om San, juga menjadi ruang untuk bersilahturahmi dan saling kenal mengenal sesama anggota. Hanya saja, di masa pandemi Covid-19 seperti ini protokol kesehatan harus tetap diterapkan.

” Kebersamaan gowes menjadi ajang silaruhrami, jaga kebugaran dan yg tentunya tetap menjalankan protokol kesehatan yakni jaga jarak saat gowes serta menggunakan masker,” ujarnya.

Guna menyambut anggota yang baru bergabung, hari ini (28/6/2020), MCC merayakannya dengan gowes atau bersepeda santai sambil menikmati suasana dan panorama alam bersama-sama hingga ke kawasan Padi Valley, Pattallassang, Kabupaten Gowa atau dengan jarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat Kota Makassar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca