Penulis Serahkan Langsung Karyanya ke Perpustakaan Makassar

Selasa, 18 Agustus 2020 10:25 WITA Reporter : Makassarmetro
Penulis Serahkan Langsung Karyanya ke Perpustakaan Makassar

MAKASSARMETRO Penulis buku-buku budaya, Zainuddin Tika menyerahkan langsung hasil karyanya berupa autobiografi Capt. Rafiuddin Rachman Daeng Tojeng kepada Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Hasil karya diterima langsung oleh Kepala Seksi Pengolahan dan Perawatan Bahan Perpustakaan Bidang Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Usman A. Djamal.

Buku yang menceritakan perjalanan hidup almarhum Capt. Rafiuddin Rachman ini selain menjadi dokumentasi kenangan terindah bagi keluarganya juga bisa menjadi inspirasi para pembaca atas kegigihan, perjuangan dan kebaikan Daeng Tojeng semasa hidupnya.

Usman A. Djamal mengapresiasi atas terbitnya buku autobiografi ini dan kesadaran yang tinggi dari penulis dan penerbit untuk menyerahkan hasil karyanya ke Perpustakaan Kota Makassar walaupun dalam UU No. 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam kewajiban Penerbit hanya menyerahkan 2 exemplar setiap judul ke Perpustakaan Nasional RI dan 1 exemplar setiap judul Perpustakaan Provinsi.

“Namun diharapkan penerbit maupun penulis dapat juga memberikan hasil karyanya ke perpustakaan dimana ia berdomisili sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian koleksi lokal (local conten) di Perpustakaan dan salah satu memberikan konstribusi dalam pengembangan perpustakaan di daerahnya,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Perpustakaan Kota Makassar setiap tahunnya memilih beberapa karya penulis yang telah masuk khususnya koleksi bermuatan lokal untuk dibantu dalam kegiatan penerbitan dan pencetakannya serta diantaranya diapresiasi dalam bentuk kegiatan bedah buku.

“Seluruh penulis maupun penerbit yang dengan kesadarannya menyerahkan hasil karyanya ke perpustakaan akan diberikan piagam atau plakat penghargaan sebagai ucapan terima kasih sesuai kebijakan Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” terang Usman.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca