Vaksin Bukan Tumpuan Utama Penanganan Covid-19

Jumat, 25 September 2020 10:05 WITA Reporter : Makassarmetro
Vaksin Bukan Tumpuan Utama Penanganan Covid-19

MAKASSARMETRO – Vaksin tidak bisa dijadikan tumpuan untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Justru yang lebih pokok yakni disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, vaksin hanyalah salah satu intervensi untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat.

“Perilaku disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan langkah utama mengatasi pandemi. Dan itu bisa dilakukan sejak awal pandemi dan seterusnya. Itu bisa melindungi masyarakat dari serangan virus Sars-Cov2,” jelas Wiku.

Dia membantah bahwa pemerintah hanya menunggu vaksin tersedia dalam menangani Covid-19. Padahal kata dia masih perlu penerapan protkes yang disiplin seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Pemerintah telah mensosialisasikan secara massif penerapan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Pemerintah sendiri telah melakukan program 3T, yakni testing, tracing dan treatment,” ujarnya.

Pengamatan Satgas, kata Wiku, masyarakat masih lengah, mengabaikan protokol kesehatan. Masyarakat seolah tidak memiliki empati dengan banyaknya korban yang menjadi positif Covid-19. Masyarakat saat ini katanya masih banyak yang memandang negatif terhadap pasien positif Covid-19.

Masyarakat juga diminta tidak terpengaruh atas berita tidak bertanggung jawab, yang tidak tidak atau belum tervalidasi dan tidak berbasis data ilmiah namun masih dipercaya masyarakat. Untuk itu, ia berharap adanya kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19. Masyarakat juga harus berinisiatif untuk memeriksakan diri melakukan tes Covid-19.

“Pemerintah pun memastikan bahwa biaya perawatan pasien positif Covid-19 akan ditanggung, baik yang menjadi peserta BPJS Kes ataupun tidak,” jelasnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca