Mengetahui Jumlah Penyebaran Covid-19 di Makassar, Dinkes Gelar Tes Swab Massal

Jumat, 09 Oktober 2020 23:37 WITA Reporter : Nurul
Mengetahui Jumlah Penyebaran Covid-19 di Makassar, Dinkes Gelar Tes Swab Massal Naisyah Tun Azikin.

MAKASSARMETRO – Guna mengetahui angka penyebaran kasus positif Covid-19 di Makassar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar kembali menjadwalkan swab massal di empat kecamatan. Yakni di Kecamatan Rappocini, Biringkanaya, Tallo, dan Mamajang.

Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, swab lanjutan ini merupakan hasil rekomendasi dari ahli epidemologi. Hanya, masih perlu rapat koordinasi lebih lanjut untuk memastikan data-data untuk dijadikan sampel.

“Kita akan gelar di empat kecamatan itu, tapi belum ada jadwal pastinya, kita masih koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Kota Makassar dan Sulsel,” singkat Naisyah, Jumat (9/10/2020).

Swab massal ini merupakan kali kedua yang dilakukan Dinkes Kota Makassar. Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan swab massal di 15 kecamatan beberapa pekan lalu. Hasilnya, dari 6.093 yang diperiksa ada 202 yang terkonfirmasi positif.

Dinkes Kota Makassar menilai angka penyebaran kasus positif di empat kecamatan tersebut cukup tinggi. Hanya saja tingkat partisipatif masyarakat untuk ikut swab tes tidak terlalu tinggi.

Meski begitu, dia mengaku siap melaksanakan swab test lanjutan di empat kecamatan. Hanya tinggal menunggu jadwal pasti dari tim gugus. Apalagi, diakui Naisyah berdasarkan data yang diterima partisipasi masyatakat sangat minim sedangkan angka kasus tinggi.

“Ya memang kita lihat datanya di empat Kecamatan itu kasusnya banyak, tapi sedikit capaian targetnya. Kalau memang diperlukan, kita akan lakukan lagi,” tuturnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca