129 Lapak Milik Pegadang Pabaeng-Baeng Dibongkar, PD Pasar Carikan Lokasi Jualan

Senin, 09 November 2020 20:30 WITA Reporter : Makassarmetro
129 Lapak Milik Pegadang Pabaeng-Baeng Dibongkar, PD Pasar Carikan Lokasi Jualan Pembongkaran dilakukan sejak Jumat (6/11/2020) lalu, terkait adanya program pengerukan sedimentasi kanal oleh Balai Pompengan Makassar dibantu TNI Zipur dan kelurahan setempat.

MAKASSARMETRO – Lapak para pedagang di Pasar Pabaeng-Baeng Barat, Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, dibongkar.

Pembongkaran dilakukan sejak Jumat (6/11/2020) lalu, terkait adanya program pengerukan sedimentasi kanal oleh Balai Pompengan Makassar dibantu TNI Zipur dan kelurahan setempat.

Dengan adanya pengerjaan proyek itu, setidaknya 129 lapak pedagang di sekitaran kanal harus dibongkar.

Beberapa pedagang mengaku pembongkaran dilakukan atas kesadaran mereka sendiri setelah ada koordinasi dari lurah dan RT/RW setempat.

“Iye tidak adaji yang suruh, tapi kami bongkar sendiri karena mau dibersihkan ini kanal,” ujar salah seorang pedagang.

Menurutnya, pembongkaran dilakukan untuk membantu memudahkan pengerjaan kanal yang mereka tempati.

Kepala Unit Pasar Pabaeng-Baeng, Muh. Imran, membenarkan adanya pembongkaran itu. “Waktu sosialisai pihak TNI sama lurah sudah imbau ke pedagang agar bongkar sendiri lapaknya. Jadi murni karena kesadaran sendiri dari pedagang,” beber Imran, Senin (9/11/2020).

“Cuma kita bingung ini setelah terbongkar di mana mau ditempatkan untuk sementara agar mereka tetap bisa berjualan,” lanjutnya.

Imran berujar, para pedagang memang tidak ada yang protes, tetapi meski demikian tetap harus dipikirkan kelanjutan hidup mereka.

“Ini yang jadi soal karena mereka harus kita tempatkan di mana karena mereka harus tetap jualan kasihan,” kata Imran.

Pengerukan kanal serupa sudah dilakukan di beberapa lokasi dan kini giliran kanal Pabaeng-Baeng karena sudah mengalami pendangkalan akibat sampah dan juga lumpur.

Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin Ridwan, mengatakan pihaknya tetap akan memperhatikan nasib para pedagang yang lapaknya dibongkar.

“Kami akan coba fasilitasi dan akan kami tempatkan di Pasar Pabaeng-Baeng Timur, kita akan carikan tempat di situ,” ucapnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. PD Pasar Makassar Raya
Berikan Komentar
Komentar Pembaca