Pemkot Makassar Dapat Dana Transfer Rp1,78 Triliun

Senin, 16 November 2020 09:31 WITA Reporter : Makassarmetro
Pemkot Makassar Dapat Dana Transfer Rp1,78 Triliun Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Pemkot Makassar mendapatkan alokasi dana transfer dari pemerintah pusat Rp1,78 triliun untuk tahun anggaran 2021.

Jumlah tersebut turun apabila dibandingkan dengan dana transfer tahun ini. Adapun yang mengalami penurunan, yakni Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Insentif Daerah (DID). Sementara itu, Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) meningkat.

Rinciannya, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran DAU Rp1,29 triliun, DID Rp30,30 miliar, DAK Rp355,78 miliar, dan DBH Rp100,09 miliar.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Rahmat Mappatoba, mengatakan pos anggaran dana transfer tahun depan mengalami perubahan karena pandemi Covid-19.

Pertumbuhan ekonomi yang belum stabil menjadikan pemerintah pusat mengurangi anggaran dana transfer ke pemerintah daerah.

“Pertumbuhan ekonomi tahun depan belum bisa stabil dan pandemi ini belum berakhir. Memang sudah ada vaksin, tapi belum bisa menghilangkan virusnya secara keseluruhan. Jadi 2021 itu belum bisa normal sepenuhnya,” kata Rahmat, Ahad (15/11/2020).

Meski anggaran sedikit menurun, kata Rahmat, tidak menjadi persoalan. Terlebih anggaran DAU masih ada sisa anggaran di tahun sebelumnya sehingga kebutuhan anggaran bisa diperhitungkan semua.

“DID itu upaya pusat memberikan sedikit keringanan kepada pemerintah daerah untuk membantu, baik dari pembangunan infrastruktur ataupun kesehatan,” bebernya.

Khusus tahun ini, alokasi anggaran difokuskan untuk upaya pemulihan ekonomi. “Kondisi ekonomi kita belum stabil, jadi program tahun depan itu fokus pemulihan ekonomi,” ucapnya. (*)

Sumber: Sindonews

Topik berita Terkait:
  1. Anggaran
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca