Program Dongkelor Dinas Perpustakaan Kota Makassar Masuk TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik

Kamis, 26 November 2020 18:55 WITA Reporter : Makassarmetro
Program Dongkelor Dinas Perpustakaan Kota Makassar Masuk TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik

MAKASSARMETRO – Dongeng Keliling Online dari Rumah (Dongkelor) milik Dinas Perpustakaan Kota Makassar, berhasil meraih penghargaan Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kepala Dinas Perpusatakaan Kota Makassar, Siswanta Attas mengatakan, layanan berbasis online terus dikembangkan di tengah pandemi Covid-19. Dongeng keliling menjadi salah satu kegiatan yang dikembangkan secara virtual.

“Dongkelor ini pengembangan dari dongeng keliling yang selama ini kita lakukan, dan alhamdulillah apa yang kita lakukan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” kata Siswanta, Kamis (26/11/2020).

Pandemi Covid-19 mengharuskan Dinas Perpustakaan terus berbenah. Sebab jika tidak, kegiatan yang mendorong minat baca masyarakat akan semakin tergerus. Apalagi, aktivitas dongeng keliling tidak bisa dilakukan mengingat adanya pembatasan aktivitas interaksi sosial.

“Karena Covid-19 tentu kita tidak bisa mendongeng di sekolah atau tempat-tempat umum lainnya, sehingga kita berpikiran dengan tetap mendongeng melalui dunia maya,” tutur dia.

Diketahui Dongkelor merupakan satu dari tiga inovasi yang berhasil masuk TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 tingkat pemerintah kota. Dua lainnya yakni Hatii Pakkem dari Pemkot Magelang dan Gogrok Covid-19 dari Pemkot Yogyakarta. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca