Cegah Penularan Covid-19 Dimulai dari Keluarga

Selasa, 22 Desember 2020 08:09 WITA Reporter : makassarmetro
Cegah Penularan Covid-19 Dimulai dari Keluarga Narasumber dalam acara Focus Grup Diskusi dengan tema Jadikan 3M Sebagai Kebiasaan Baru Dalam Kehidupan di lantai 19 Graha Pena Senin, 21 Desember -- TAWAKKAL/FAJAR

MAKASSAR, FAJAR — Kasus penularan Covid-19 dari keluarga cukup tinggi. Peran seorang ibu pun dalam mencegah penularan Covid-19 sangat penting. Terutama dalam menjaga kesehatan tubuh anggota keluarga.


Hal tersebut terungkap dalam Forum Group Discussion (FGD) Kebiasaan Baru bertajuk “My Mom, My Hero” di Graha Pena, Senin (21/12/2020). “Kalau suami saya pulang kerja, saya minta bersih-bersih dahulu, mencuci badan, dan sebagainya,” ujar Ketua Persit KCK Daerah XIV Hasanuddin, Arinta Andi Sumangerukka, salah satu pembicara.


Istri Panglima Kodam XIV Hasanuddin itu mengatakan, selama pandemi seorang ibu di rumah dituntut untuk aktif. Apalagi sehari-hari. ibulah yang banyak mengatur kebutuhan dan hal-hal lainnya di rumah.

Pembicara lainnya, Koordinator di Kejati Sulsel, Hasnadirah mengatakan, pandemi membuat beberapa kebiasaan berubah. Seorang ibu pun
dituntut peran yang lebih. Selain menjadi tulang rusuk keluarga, seorang ibu juga harus bisa memastikan kesehatan keluarga di masa pandemi tetap terjaga.

Ketua Bhayangkari Cabang Pimstaff Sulsel, Meidiana Julaiho menambahkan, seorang ibu juga mesti menjaga dirinya sendiri. Makanya, peran seorang ibu semakin besar di masa pandemi ini. Yakni dengan memberi pengertian kepada keluarga di rumah. Terutama patuh terhadap 3M; mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Sementara Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Gender dan Kependudukan Unhas, Prof Rabina Yunus, mencegah Covid-19 bisa dimulai dari rumah. “Peran seorang ibu bisa dilihat dari sini. Bagaimana memastikan anak, suami, dan keluarga lainnya terhindar dari penularan Covid-19,” bebernya. (din)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca