80 Pasien Gangguan Jiwa di RSKD Makassar Positif COVID-19

Sabtu, 02 Januari 2021 21:03 WITA Reporter : Makassarmetro
80 Pasien Gangguan Jiwa di RSKD Makassar Positif COVID-19 Rumah Sakit Khusus Dadi (RSKD) Kota Makassar.

MAKASSARMETRO – Puluhan pasien atau orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Khusus Dadi (RSKD) Kota Makassar dinyatakan positif COVID-19.

“Sudah ada sekitar 80-an pasien yang terpapar. Kondisi pasien baik-baik saja dan 99 persen tidak menunjukkan gejala,” kata Arman Bausat, Direktur RSKD Makassar, Sabtu (02/01/2021).

Pasien yang terkonfimasi terpapar awalnya 50 orang. Kemudian bertambah 60 orang, lalu menjadi 70, dan saat ini tercatat sudah 80 orang lebih.

Sejauh ini, seluruh pasien yang terpapar menjalani isolasi di ruang perawatan masing-masing dengan pengawasan.

Arman menjelaskan, penularan dari transmisi lokal, mengingat RSDK salah satu rumah sakit rujukan pemerintah menangani dan merawat pasien positif COVID-19 sejak April lalu.

“Kami selalu memproteksi pasien ODGJ secara maksimal. Mungkin saja ada pasien yang membawanya. Nanti pada Desember saya kaget kok banyak pasien yang terdeteksi positif,” bebernya.

Untuk pasien yang dirawat di RSKD, sebut dia, tercatat 200 orang pasien, 80 di antaranya terpapar.

Saat ini pasien yang sudah terkonfirmasi sudah menjalani serangkaian pemeriksaan dan dipisahkan dengan pasien jiwa lainnya agar penularan tidak meluas.

Mereka dirawat di ruangan khusus. Pasien yang terpapar masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Usianya rata-rata diatas 40 tahun. Pasien ini pun tidak memedulikan terserang virus itu dan tetap berperilaku seperti biasa. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca