Prediksi BMKG, Hujan Intensitas Tinggi Guyur Makassar di Awal Tahun

Sabtu, 02 Januari 2021 16:46 WITA Reporter : Makassarmetro
Prediksi BMKG, Hujan Intensitas Tinggi Guyur Makassar di Awal Tahun Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar memprediksi curah hujan mulai meningkat di Kota Makassar dan sekitarnya pada awal 2021.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Resky Yuda, mengatakan peningkatan ini ditandai dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama dalam sehari.

Dengan suhu sekitar 26–27 derajat celcius. Selain itu, kecepatan angin bertiup 30 kilometer/jam ke arah barat.

“Hujan mulai mengguyur dengan intensitas tinggi, dan waktu yang lama di Kota Makassar, juga kabupaten lain,” kata Resky, Sabtu (2/12/2020).

Wilayah Makassar memiliki intensitas hujan ringan, hingga deras, sekitar 85 persen terjadi pada malam hari.

Hujan ringan itu berkisar 5 hingga 20 milimeter (mm) perhari, sedangkan hujan sedang 20 sampai 50 mm perhari, sedangkan deras diatas 50 mm.

Selain Makassar, BMKG memprediksi kondisi cuaca Bulukumba diperkirakan hujan sedang, pada siang hari dan berawan pada malam hari dengan suhu berkisar 24–28 derajat celcius.

Kondisi tersebut juga terjadi di Kabupaten Masamba, Malili, Makale, Rantepao, Kota Palopo, Belopa, Sengkang, Watansoppeng, Watampone, Sinjai, Sidrap, dan Enrekang.

Saat ini Sulawesi Selatan memasuki masa transisi menuju musim hujan. Namun, musim hujan kali ini disertai dengan fenomena alam yang disebut La Nina, yang mengakibatkan jumlah curah hujan menjadi bertambah.

Peningkatan curah hujan ini mencapai 20 hingga 40 persen, tergantung fenomena perubahan cuaca di wilayah masing-masing. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BMKG Makassar
  2. prakiraan cuaca
Berikan Komentar
Komentar Pembaca