Upaya Penurunan Angka Stunting, Ketua TP PKK Makassar Tinjau Pelaksanaan Program Pendampingan

Kamis, 07 Januari 2021 19:24 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Upaya Penurunan Angka Stunting, Ketua TP PKK Makassar Tinjau Pelaksanaan Program Pendampingan

MAKASSARMETRO – Ketua Tim Penggerak PKK, Rossy Timur Wahyuningsih, melakukan peninjauan pelaksanaan program pendampingan anak stunting ke Posyandu Dahlia 6 yang terletak di Kelurahan Banta-Bantaeng, Kamis (7/1/2021).

“Hari ini kita lakukan peninjauan secara langsung, terkait penggunaan bantuan anggaran dari PKK Provinsi untuk penurunan stunting yang diberikan ke setiap kabupaten/kota. Di mana anggaran ini, kita coba fokuskan di salah satu kelurahan yang memiliki angka stunting tertinggi di Kota Makassar,” ujar Rossy.

Di Kelurahan Banta-Bantaeng tercatat 114 anak mengalami stunting. Melalui program PKK kali ini melakukan pendampingan selama sebulan kepada anak-anak secara langsung.

“Diperhatikan kebutuhan gizi, vitamin, dilakukan pemeriksaan oleh dokter, pendampingan dari kader PKK serta puskesmas. Dan alhamdulillah setelah pendampingan yang diberikan, mampu menunjukkan adanya perubahan yang signifikan,” ungkap Rossy.

Sistem yang dilakukan yakni anak-anak yang didampingi, diberikan asupan makanan bergizi tiap harinya, demikian pula dengan vitamin. Tiap satu kader PKK mendampingi lima orang anak.

“Program ini sebagai awal, percontohan, jika nanti hasilnya terbukti baik akan diterapkan sebagai langkah penanganan penurunan angka stunting di Kota Makassar,” beber Rossy.

Dalam peninjauan kali ini, hadir pula Ketua TP PKK Kelurahan Banta-Bantaeng, Ariani Basir, yang menyampaikan secara langsung perkembangan anak yang telah didampingi di wilayah kelurahannya.

“Alhamdulillah perkembangan mereka sangat baik, setiap anak mengalami peningkatan berat badan, minimal dua ons setiap minggunya,” tuturnya.

Selain melakukan peninjauan, Ketua TP PKK Makassar juga membagikan paket makanan tambahan bagi anak-anak agar mereka lebih bersemangat dan ceria selama program pendampingan. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Stunting
  2. TP PKK Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca