Kasus COVID-19 di Luar Kendali, Makassar Ancang-Ancang PSBB

Sabtu, 09 Januari 2021 22:19 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Kasus COVID-19 di Luar Kendali, Makassar Ancang-Ancang PSBB Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini disampaikan Asisten II Pemkot Makassar, Sittiara Kinang, Sabtu (9/1/2021).

“Ini, kan, ada rencana PSBB dari presiden untuk seluruh Indonesia 11 Januari mendatang. Jadi kita juga wanti-wanti untuk siap,” katanya.

Menurutnya, rencana PSBB ini juga telah disampaikan saat rapat dengar pendapat, Kamis (7/1/2021) kemarin. Rencana PSBB wilayah Jawa-Bali yang diintruksikan oleh Presiden Joko Widodo, kemungkinan akan berdampak di Sulsel, utamanya Kota Makassar.

Sementara itu, DPRD Kota Makassar mendesak pemerintah menyiapkan skema untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi ketika PSBB kembali dilakukan.

Sittiara Kinang mengatakan, rencana PSBB mungkin saja diberlakukan mengingat kasus COVID-19 di Kota Makassar kembali meningkat dan masuk sebagai zona merah.

Ketua Tim Ahli Epidemiologi Satgas COVID-19 Kota Makassar, Ansariadi, menyebut jika angka kasus penyebaran COVID-19 di Kota Makassar sudah sulit dikendalikan, jalan terakhir yang akan dilakukan adalah PSBB.

Kebijakan tersebut sementara ini tengah didiskusikan dengan Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Jika angka kasus selama dua pekan ke depan tidak terkendali, bisa jadi Makassar bakal diberlakukan PSBB lagi.

“Kalau begini terus situasinya sampai dua minggu ke depan maka PSBB itu akan menjadi alternatif,” tegas Ansariadi. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
  2. PSBB
Berikan Komentar
Komentar Pembaca