2020, Sisa Anggaran Proyek Gagal Tender Makassar Capai Rp67,4 Miliar

Selasa, 12 Januari 2021 14:08 WITA Reporter : Makassarmetro
2020, Sisa Anggaran Proyek Gagal Tender Makassar Capai Rp67,4 Miliar Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Kota Makassar mencatat ada 42 paket proyek APBD 2020 dinyatakan gagal dengan nilai mencapai Rp67,4 miliar.

Kepala BLPBJ Makassar, Fuad Azis, mengatakan ada beberapa penyebab proyek mengalami gagal tender. Salah satunya rekanan tidak memenuhi syarat.

“Tahun lalu itu ada 42 paket yang gagal, nilainya Rp67,4 miliar,” ucap Fuad dikutip dari Sindonews, Selasa (12/1/2020).

BLPBJ berhasil menghemat anggaran Rp41,85 miliar dalam tender proyek APBD 2020. Jumlah itu diperoleh dari 171 paket yang selesai tender.

“Dari 171 paket itu, potensi SiLPA kita Rp41,85 miliar. Itu pun di luar sisa anggaran dari proyek Metro Tanjung Bunga,” ujar dia.

Dibandingkan 2019, paket yang ditender jauh lebih banyak. Jumlahnya mencapai kurang lebih 300 paket dengan nilai paket Rp590 miliar. Fuad mengatakan kondisi ini dikarenakan pandemi virus corona.

Tidak sedkit, anggaran di OPD dipangkas dan dialihkan untuk penanganan Covid-19. “Tahun ini minim paket yang ditender akibat refokusing. Tapi kita sudah menyerap anggaran semaksimal mungkin,” ujar dia.

Kepala Sub Bagian Pelaksanaan Pengadaan BLPBJ Makassar, Surahman menyatakan pihaknya telah menyelesaikan semua paket yang telah ditarget tahun lalu. Proses tender ini berkat dukungan dan upaya organisasi perangkat daerah (OPD). “Alhamdulillah, sudah rampung semua,” singkat dia.

Kata Surahman, banyaknya proyek gagal tender hal itu tidak sepenuhnya kesalahan Pemkot Makassar. Sebab, rekanan atau penyedia yang kurang atau tidak memenuhi persyaratan yang diinginkan berdasarkan regulasi barang dan jasa.

“Tender gagal itu bukan dinas bukan juga ULP. Tapi, penyedia yang menyampaikan penawaran tidak memenuhi persyaratan,” ucapnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BLPBJ Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca