Tertibkan Iklan Rokok, Pemkot Makassar Berupaya Kurangi Perokok Usia Dini

Kamis, 14 Januari 2021 06:43 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Tertibkan Iklan Rokok, Pemkot Makassar Berupaya Kurangi Perokok Usia Dini

MAKASSARMETRO – Upaya mengurangi perokok usia dini, Pemerintah Kota Makassar akan menertibkan iklan rokok. Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, Rabu (13/01/2021).

“Akan diatur zona mana saja yang boleh terpampang iklan rokok,” kata Rudy.

Lebih lanjut Rudy menjelaskan bahwa aturan ini juga sudah lama tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 ihwal kawasan tanpa rokok. Menurutnya, adanya penelitian menyebut mayoritas anak menjadi perokok lantaran terpengaruh iklan.

Rudy menyayangkan hal tersebut, sehingga pihaknya melakukan kajian. Pasalnya, selain memengaruhi anak-anak, pertimbangan lain adalah untuk menekan polusi udara dan pengguna rokok.

Kendati demikian, pembatasan iklan rokok tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Bagaimana untuk secara bertahap iklan rokok dikendalikan dengan baik untuk tidak memberikan dampak negatif,” tutur Rudy.

Adapun sasaran penertiban fasilitas umum dan fasilitas pendidikan menjadi salah satu wilayah yang dilarang adanya iklan rokok. Pihaknya nantinya menyimpan papan peringatan kawasan tanpa rokok.

Sekadar informasi, kawasan tanpa rokok tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 ihwal kawasan tanpa rokok. Ada pada pasal 8 yang menyebutkan tempat terlarang untuk merokok dan memasang iklan rokok sebagai berikut.

a. Fasilitas layanan kesehatan
b. Tempat proses belajar mengajar
c. Tempat anak bermain
d. Tempat beribadah
e. Angkutan umum
f. Tempat kerja
g. Tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan

Topik berita Terkait:
  1. Bebas Rokok
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca