Pemkot Makassar akan Bangun Tanggul untuk Atasi Banjir di Manggala

Sabtu, 23 Januari 2021 15:20 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Pemkot Makassar akan Bangun Tanggul untuk Atasi Banjir di Manggala Rudy Djamaluddin.

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan membangun tanggul untuk atasi banjir yang sering terjadi di Perumnas Antang Blok Vlll dan IX, Kecamatan Manggala.

Hal itu disampaikan oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Menurutnya tanggul ini berfungsi sebagai tempat pengendalian air sehingga ketika air sungai meluap tidak masuk ke permukiman warga. Solusi lainnya adalah pelebaran muara sungai.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan dampak signifikan terkait dengan tingkat banjir yang terjadi disini. Tapi, itu masih dikaji oleh teman-teman Dinas PU dengan melibatkan tim ahli untuk bisa menghadirkan solusi yang komprehensif,” kata Rudy, Kamis (21/1/2021).

Rudy memaparkan, kendati terdapat Kolam Regulasi Nipa-Nipa, itu belum bisa mencegah air masuk ke permukiman. Sebab berdasarkan hasil survei, terdapat kantong air di belakang permukiman warga yang posisinya agak rendah.

Rudy sudah turun meninjau langsung lokasi banjir. Dia juga sempat menggelar rapat perihal penanganan bencana banjir di wilayah tersebut. Apalagi bencana ini sudah tiap tahun dialami warga sekitar sehingga kehadiran pemerintah bisa memberikan solusi untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar.

“Dinas PU dan pihak kecamatan sudah memaparkan konsep yang telah dirancang, itu akan kami maksimalkan,” beber Rudy.

Untuk saat ini, lanjut dia, pihaknya meminta kepada pemerintah kecamatan untuk selalu mengingatkan warga terhadap antisipasi bencana banjir. Terlebih BMKG telah memprediksi hujan deras akan terus mengguyur Kota Makassar hingga Februari nanti.

Karena itu, titik-titik pengungsian perlu diantisipasi sejak dini. Selain posko, tenaga kesehatan juga diminta turun mengecek kesehatan korban banjir. Sebab menurut dia, di tengah kondisi pandemi saat ini pengungsi rentan terpapar COVID-19.

“Terus edukasi warga tentang protokol kesehatan karena dalam kondisi apa pun penting untuk menjaga kesehatan,” ungkap dia. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca